Info Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Video Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Berbagi Foto Wisata
Amazing Malang

Pantai


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/wwwkemas/public_html/amazingmalang.com/administrator/components/com_sppagebuilder/helpers/sppagebuilder.php on line 156

Pantai Watu Leter

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Dari semua daerah yang ada di Indonesia, Bali dan Lombok menjadi pilihan pertama jika ingin mencari Pantai yang indah. Namun,

siapa sangka kalau selain dari dua daerah tersebut masih ada daerah yang memiliki banyak Pantai yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Malang yang memiliki banyak objek wisata Pantai yang indah. Kali ini kita akan mengulas satu Pantai di daerah Malang yang menjadi tempat yang cocok bagi kamu yang menyukai penyu. Adalah Pantai Watu Leter yang merupakan tempat favorit bagi penyu untuk bertelur.

Pantai Watu Leter adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif berada di Dusun RowotrateDesa SitiarjoKecamatan Sumbermanjing WetanKabupaten MalangJawa Timur[1]. Pantai ini terletak bersebelahan dengan Pantai Goa China. Tetapi pantai ini masih belum banyak dikenal orang karena letaknya terpencil dan jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan. Dari Kota Malang berjarak sekitar 60 km dan dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Untuk mencapainya dari Kota Malang bisa mengambil arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan mengikuti arah menuju ke Pantai Sendangbiru. Lalu terdapat sebuah pertigaan dengan papan petunjuk arah ke kanan akan menuju ke Pantai Bajulmati dan Goa China.

Asal-Usul Nama Pantai Watu Leter 

Bagi warga sekitar Pantai, nama Watu Leter diberikan karena ada sebuah tebing yang di sekitar Pantai yang memiliki bagian datar di ujungnya. Tebing yang terletak di tengah laut itu menjadi sangat mencolok berkat bentuk datarnya itu. Hal ini lah yang kemudian membuat warga menamai Pantai ini dengan nama Watu Leter. Selain Watu Leter, warga juga menyebut Pantai ini dengan nama Pantai Ngleter.

Harga Tiket Masuk 

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Watu Leter akan dikenakan tarif Rp 10.000 per orang. Biaya parkir motor Rp 5.000 sedangkan untuk parkir mobil biayanya Rp 10.000. ada biaya parkir tambahan sebesar Rp 3000  jika memutuskan camping di Pantai Watu Leter. Tentu tiket ini akan berguna untuk merawat fasilitas yang tersedia demi kenyamanan pengunjung. Untuk Fasilitasnya, Pantai Watu Leter belum memiliki sarana yang memadai seperti, musholla, warung makan dan toilet. Jadi pastikan untuk urusan perbekalan harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum berangkat menuju Pantai Watu Leter. 

Rute Menuju Pantai Watu Leter

 Wisatawan luar kota 

Jika kamu datang dari luar kota, kamu bisa membeli tiket pesawat menuju bandara Abdul Rachman Saleh Malang. Jarak Pantai dari kota Malang adalah sekitar 60 kilometer. Kira-kira akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan sepeda motor dan 3 jam dengan mobil. Dari kota Malang, ambil arah Selatan ke Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan kemudian kea rah Pantai Sedangbiru. Setelah itu, untuk sampai ke Watu Leter, kamu harus melewati Pantai Goa Cina. Di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan Selatan dengan jalan yang berkelok-kelok.

Selain itu ada juga sawah-sawah yang luas yang memisahkan jalan raya dengan perbukitan. Jalur yang akan dilewati terbilang cukup sulit. Jalan nya sempit sehingga tidak bisa dilewati oleh mobil. Kemudian, kamu harus melewati hutan bakau dengan jalanan yang berbatu dan bersemak-semak. Tidak sedikit kamu akan menjumpai rumput liar yang tinggi dan tajam, jadi hati-hati. Lewat jalur ini, kamu harus turun dari sebuah gundukan setinggi 1,5 meter dan selanjutnya jalan kaki hingga sampai di lokasi Pantai Watu Leter.

 

Selain rute di atas, ada satu lagi rute yang bisa dijadikan alternatif. Jalannya tidak sesulit yang di atas. Waktu kamu sampai di Goa Cina, lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki kira-kira sejauh 100 meter. Kemudian, kamu akan menemukan jalan setapak yang akan menuntunmu ke Pantai Watu Leter. Namun, untuk melewati jalan ini dibutuhkan waktu sekitar 25 menit hingga sampai ke tujuan.

Wisatawan Malang

Jika berangkat dari kota Malang, ambillah jalan menuju ke arah Malang Selatan yang menuju Sumbermanjing Wetan. Setelah itu ikuti saja papan penunjuk jalan menuju Pantai Sendang Biru dan nanti anda akan menemukan pertigaan yang memiliki papan penunujuk jalan menuju Pantai Bajulmati dan Goa CIna. Lokasi pantai Watu Leter ini tak jauh dari Pantai Goa Cina.

Jika berkendara langsung menuju pantai ini, maka akses selanjutnya memang sulit ditempuh. pasalnya, medan jalanan ke pantai ini lebih sempit dan masih bertanah. Pengunjung harus melewati hutan bakau, jalan bebatuan dan rumput liar. setelah anda melewati itu semua barulah dari sini pantai watu leter sudah mulai terlihat. kamu bisa memarkirkan kendaraan lalu untuk mencapai lokasi ini anda masih harus turun ke bawah sekitar 1,5 meter.

Karena medan jalannya yang masih sulit, bagi wisatawan yang ingin melewati jalan yang lebih aman sebaiknya dari Pantai Goa Cina saja. Setelah tiba di Pantai Goa Cina, parkirkan lah kendaraan di lokasi pantai tersebut lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter ke arah barat yang biasanya memakan waktu sekitar 20 menit ke Pantai Watu Leter.

Objek Wisata di Pantai Watu Leter

Ada beberapa objek wisata yang memilki ketertarikan tersendiri  bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Watu Leter. Berikut di antaranya:

1) Pantai yang masih asri dengan pasir putih yang lembut

Karena jalur yang sulit dan sempit, Pantai Watu Leter lebih tenang dan sepi jika dibandingkan dengan Pantai Goa Cina. Tentunya pasir lebih bersih dan lembut serta airnya juga jauh lebih hijau dan jernih. Kebersihan dan keasrian ini kemudian ditunjang oleh pemandangan batuan karang yang hilang muncul disapu gelombang. Batu karang yang menjulang dibibir Pantai Watu Leter terlihat begitu kontras dengan pasirnya yang putih disertai airnya yang jernih .

2) Ombaknya tenang

 

Buat yang suka snokerling pantai ini cocok sekali karena airnya yang jernih degan ombaknya yang tenang ,berenang dan snokerling di Watu Leter terasa lebih istimewa . Banyak pemandangan terumbu karang yang dapat dinikmati di bawah lautnya. Pantai Watu Leter ini lebih mirip dengan kolam renang jadi aman banget buat yang mau renang di pantai ini .

3) Menyusuri Hutan Mangrove 

Selain itu juga ada hutan mangrove yang dikelilingi dengan air payaunya yang sangat tenang dari sungai Sitiarjo dan bermuara di Pantai Watu Leter . Pemandangan dan unik inilah yang hanya bisa kalian temukan di Pantai Watu Leter ini . Kalian juga bisa menyusuri sungai untuk melihat keindahan hutan mangrove menggunakan perahu yang sudah disediakan .

4) Pendaratan Penyu abu-abu

Bukan hanya pemandangan yang indah , Pantai Watu Leter juga sering digunakan sebagai pendaratan penyu untuk bertelur . Pantai Watu Leter juga digunakan sebagai kawasan pelepasan penyu abu-abu karena termasuk dari pantai yang sepi dari lingkungan  wisatawan . 

Nah berminat kan main kesini setelah kita tahu betapa indahnya Pantai Watu Leter ? Oke Selamat Berlibur :)

 

© Copyright 2018 Amazing Malang - Amazing Your Adventure

Search