Info Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Video Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Berbagi Foto Wisata
Amazing Malang

Pantai


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/wwwkemas/public_html/amazingmalang.com/administrator/components/com_sppagebuilder/helpers/sppagebuilder.php on line 156

Pantai Gatra-Raja Ampat di Jawa Timur

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Hasil gambar untuk pantai gatra

Malang selatan, selalu terkeanal akan keindahan alamnya, salah satu keindahan alam yang tidak boleh dilewatkan adalah pantai . Kenapa pantai menjadi salah satu wisata yang tidak boleh dilewatkan di Malang Selatan? Karena pantai di Malang Selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia . Beberapa pantai di Malang Selatan memang memiliki ombak yang tergolong tinggi, tetapi ada bebrapa pantai yang memiliki ombak yang relatif aman . Salah satunya adalah pantai gatra, ombak di pantai ini cukup rendah, jadi kita bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, seperti berenang, bermain pasir, bermain kano, belajar tentang mangrove karena di pantai gatra ini juga ada hutan mangrovenya lohh, dan masih banyak aktivitas lainya yang bisa dilakukan .

HARGA TIKET MASUK

Setiap orang : Rp.10.000

Parkir : Rp.10.000

Camping : Rp.25.000/tenda

LOKASI DAN RUTE PANTAI GATRA

Pantai Gatra berlokasi di Dusun Sendangbiru, Desa Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Berada di kawasan Malang Selatan, Pantai Gatra berdekatan dengan pantai Tiga Warna dan pantai Clungup. Jika dari Kota Malang, ambillah jalan menuju Turen yang akan mengantarkanmu ke pantai Sendang Biru.

Lokasi Pantai Gatra

RUTE PANTAI GATRA

Jarak tempuh dari kota Malang menuju Pantai Gatra sejauh 73 km memakan waktu perjalan sekitar 2 jam jika mengendarai motor dan 3 jam jika menggunakan mobil.

Ketika berangkat dari kota Malang maka jalur yang dituju harus menuju ke arah Gadang, Turen lalu menuju Pantai Sendang Biru. Di tengah perjalanan nanti akan ketemu petunjuk arah untuk belok ke arah kanan untuk mengambil rute ke Pantai Clungup. Setelah itu belok lah ke kanan. Nanti akan ketemu lagi persimpangan dan ambil arah kiri lalu ikuti terus petunjuk jalan sampai tiba ke arah Tempat Pelelangan Ikan. Setelah itu anda akan sampai di pintu utama Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna.

Jika mengendarai mobil maka harus di parkir di pintu masuk lalu berjalan kaki sejauh 1,3 km sampai menuju Pantai Gatra. Sedangkan jika menggunakan motor bisa menghemat tenaga karena dapat berkendara melewati jalan setapak yang sudah dipasang paving block sampai pos jaga lalu melanjutkan jalan kaki sekitar 500 meter lewat Pantai Clungup.

Bagi yang tidak ingin berjalan kaki bisa menyewa jasa ojek di yang terdapat di pintu utama dengan biaya sekitar RP 10.000 per motor sehingga perjalanan akan lebih cepat sampai ke Pantai Gatra.

Jika ada waktu sekitar 2 hingga 3 jam, wisatawan dapat sekaligus mengunjungi Pantai Clungup dimana akses menuju Pantai Gatra juga sekaligus melewati Pantai Clungup. Wisatawan juga bisa melakukan aktivitas susur pantai disepanjang jalur konservasi. Mulai dari Pantai Bangsong, Pantai Mini, Pantai Savana, Pantai Teluk Asmoro, dan Pantai Tiga Warna yang akhir-akhir ini menjadi tempat wisata yang diburu oleh anak muda. Agar perjalanan lebih aman wisatawan dapat diantar pemandu dengan tarif sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 .

OBJEK WISATA DI PANTAI GATRA

Ada banyak objek wisata seru yang bisa dinikmati sesampainya di Pantai Gatra. Berikut diantaranya:

1. Pulau-pulau karang yang indah

Walaupun tidak terlalu terkenal, pantai ini ternyata disebut-sebut mirip Raja Ampat di Papua Barat yang tersohor itu. Ini karena ada pulau karang yang berwarna hijau di sini. Pulau karang ini lah yang memecah ombak di pantai ini sehingga airnya relatif tenang. Selain itu, pulau karang yang mirip di Raja Ampat ini juga memberikan pemandangan yang indah. Ini menjadi pilihan spot foto dan selfie para pengunjung.Jika anda beruntung, ketika ombak surut anda bisa menyeberangi pulau-pulau karang ini. Di pulau ini anda bisa menyaksikan beberapa jenis karang dan biota laut kecil yang hidup di karang.

Gambar terkait

2. Kawasan konservasi

Pantai ini masih termasuk wilayah konservasi yang dilindungi sehingga para pengunjung tidak bisa membuang sampah sembarangan. Bahkan, di loket masuk, barang yang anda bawa akan didata. Barang-barang yang berpotensi menjadi sampah akan dicek kembali ketika anda pulang. Menarik sekali bukan? Ini yang membuat Pantai Gatra sangat bersih. Dan jika pengunjung meninggalkan sampah, maka akan didenda Rp.10.000/sampah, aktivitas ini bukan dilakukan semata-mata mencari untung, ini dilakukan agar kawasan pantai gatra ini tetap terjaga kebersihannya .

3. Air yang tenang dengan jernih

Berkat pulau-pulau karang yang ada, air di Pantai Gatra relatif tenang. Tentu ini adalah nilai plus dari pantai ini. Anda bisa berenang sepuasnya tanpa takut terbawa arus laut. Anda juga bisa melakukan snorkeling di air yang tenang ini. Ada satu hal lagi yang bisa anda lakukan selain berenang dan snorkeling, yaitu bermain kano. Di pantai ini tersedia kano yang bisa disewa dengan biaya sebesar RP 25.000. Dengan membayar segitu, anda bisa bermain kano sepuasnya.

Hasil gambar untuk bermain kano di pantai gatra

4. Lahan tempat berolah raga

Pantai ini memiliki pasir pantai yang luas. Saking luasnya bisa digunakan untuk olah raga seperti voli dan sepak bola laut. Tentu anda harus membawa peralatannya dari rumah. Berolah raga pantai bersama teman dan keluarga tentu bakal membuat liburanmu sangat berkesan.

5. Hutan mangrove

Anda juga diperbolehkan menjelajahi hutan mengrove di Pantai Gatra. Anda bisa menjelajahi hutan ini hingga ke pantai Clungup. Hutan ini sangat alami dan indah. Ingat, karena hutan mangrove ini sangat dijaga, anda juga harus menjaga kebersihan hutan ini.

CAMPING DI PANTAI GATRA

Pantai Gatra biasanya digunakan untuk tempat camping bagi wisatawan yang sebenarnya ingin mengunjungi Pantai Tiga Warna. Hal ini karena di Pantai Tiga Warna tidak diperbolehkan untuk mendirikan tenda untuk berkemah sehingga Pantai Gatra dipilih sebagai tempat untuk camping.

Wisatawan yang ingin camping wajib mendaftarkan diri dulu kepada petugas dan dikenakan biaya Rp 25.000 per tenda. Tidak perlu khawatir bagi yang berniat camping namun tidak membawa tenda dan alat berkemah, karena di Pantai Gatra juga bisa menyewa tenda dan alat berkemah dengan harga yang terjangkau.

Untuk perbekalan, wisatawan harus membawa bekal perjalanan sendiri atau bisa beli di toko – toko di pinggir jalan. Karena di wilayah konservasi Pantai Gatra tidak mungkin ada warung.

Selama berkemah di Pantai Gatra, tidak diperbolehkan menyalakan api unggun. Tujuannya agar pasir pantai tetap terjaga keindahannya. Selain itu jika ingin memasak sudah disediakan beberapa tungku di area dekat kamar mandi yang boleh digunakan untuk umum.

Gambar terkait

TIPS UNTUK KE PANTAI GATRA

-Buat kalian yang ingin berlibur ke pantai gatra usahakan membawa makanan ya, karena di pantai gatra tidak disediakan untuk area berjualan, tapi jangan lupa sampahnya dibawa lagi, karena pantai gatra termasuk kawasan konservasi .

-Dan buat kalian yang camping tidak diperkenankan menyalakan api unggun, hal ini dilakukan agar pasir pantai tetap terjaga, tetapi jangan khawatir karena didekat kamar mandi sudah disediakan tungku untuk umum . 

 

 

© Copyright 2018 Amazing Malang - Amazing Your Adventure

Search