Info Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Video Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Berbagi Foto Wisata
Amazing Malang

Pantai


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/wwwkemas/public_html/amazingmalang.com/administrator/components/com_sppagebuilder/helpers/sppagebuilder.php on line 156

Pantai Bajul Mati, Misteri Batu Menyerupai Buaya

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Malang memang menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang diminati lantaran potensi keindahan alam yang memikat, salah satunya pantai. Meskipun secara garis besar pantai di Malang memiliki ombak yang besar, namun keindahan panorama alam yang ditawarkannya mampu memikat para wisatawan.

Pantai Bajulmati, salah satu lokasi wisata yang cukup memikat di Malang Selatan. Secara administratif, pantai ini berlokasi di desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang.

Suasana alami masih terasa cukup kental di pantai ini. Sederetan fasilitas pun telah tersedia untuk melengkapi kenyamanan bersantai di pantai ini. Beberapa di antaranya seperti, toilet , kamar mandi, mushola, gasebo dan tempat parkir yang luas.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, kamu bisa mendirikan tenda di sekitaran pantai. Pinggir pantai yang cukup luas dengan hamparan pasir putih yang indah semakin menyamankan suasana camping.

Sayangnya, kamu tidak diperkenankan untuk berenang lantaran pantai Bajul mati cukup dalam dan curam. Ombaknya yang cukup besar juga menjadi alasan keras dilarang berenang. Meski bisa bermain di pinggiran pantai, harus tetap berhati-hati dan waspada.

Legenda penamaan Bajulmati

Penamaan pantai Bajulmati ternyata tak sembarangan. Beberapa kisah terkait penamaan tersebut pun mengiringi keelokan pantai ini. Bajul merupakan istilah dalam bahasa Jawa untuk menyebutkan buaya.

Legenda pertama menyebutkan, istilah Bajul mati muncul karena ditemukannya seekor buaya mati di sekitar area pantai. Buaya mati tersebut terlihat saat pantai ini pertama kali ditemukan, sekitar tahun 1890-an. Legenda kedua menyebutkan bahwa di pantai ini terdapat sebuah batu karang dengan bentuk memanjang menyerupai badan buaya.

Rute menuju pantai ini sedikit berkelok karena melewati area pegunungan, Namun cukup mudah untuk diakses. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. jalan yang dilalui pun sudah beraspal dan cukup mulus, hanya beberapa tempat yang masih sedikit berlubang.

Sebelum memasuki area pantai, kamu akan bertemu dengan sebuah jembatan apik sepanjang 90 meter. Butuh waktu sekitar 10-15 menit untuk sampai ke pantai dari jembatan tersebut.

Memasuki area pantai, kamu akan dikenakan biaya retribusi Rp 4.000 untuk tiap orang. Bagaimana? Tertarik berlibur ke pantai Bajulmati, bukan?

Sumber : https://malang.merdeka.com/pariwisata/menengok-legenda-penamaan-di-balik-eksotisme-pantai-bajulmati-1608277.html

© Copyright 2018 Amazing Malang - Amazing Your Adventure

Search