Info Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Video Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Berbagi Foto Wisata
Amazing Malang

Pantai


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/wwwkemas/public_html/amazingmalang.com/administrator/components/com_sppagebuilder/helpers/sppagebuilder.php on line 156

Pantai Ngliyep, Menjamah Harta Malang Yang Eksotis

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kota Malang memang tidak pernah habis dieksplorasi. Salah satu tujuan wisata yang harus Anda kunjungi adalah Pantai Ngliyep yang bisa dikatakan sebagai pantai perawan. Ya, disebut demikian karena pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Penasaran?

Pantai Ngliyep cukup bersih dan sunyi. Pengunjung bisa dengan bebas menghabiskan waktu dan mengeksplorasi keindahannya. Anda akan merasakan seolah sedang berada di pantai pribadi.

Lokasi Pantai Ngliyep tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km arah selatan dari kota Malang. Kawasan ini menempati areal seluas 10 hektar yang meliputi pantai, penginapan dan lahan parkir.

Untuk masuk ke pantai ini kita hanya merogoh kocek sekitar Rp. 10.000 per orangnya. Sedangkan biaya retribusi mobil sebesar Rp. 10.000, dan untuk roda dua Rp. 5.000.

Di pantai ini, wisatawan akan menemui banyak batu karang. Paduan antara pasir putih, tebing yang curam serta kawasan hutan lindung akan membentuk lanskap alam yang indah dan menakjubkan. Hamparan pasir luas yang ada di Pantai Ngliyep itu bernama Teluk Putri dan Pasir Panjang.

Keindahan lain yang ditawarkan adalah keberadaan sebuah pulau kecil yang tak jauh dari bibir pantai. Pulau itu disebut dengan nama Gunung Kombang.

Untuk mencapai Gunung Kombang, Anda harus melewati jembatan kayu. Dari pulau kecil itu, pengunjung bisa menikmati sunset dan juga sunrise. Menurut cerita, di sinilah tempat dilakukannya beberapa ritual yang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul.

Setiap tahun, tepatnya pada bulan Maulud dalam penanggalan Jawa, pantai Ngliyep lebih ramai dari biasanya. Tepatnya pada tanggal 15 digelar acara ritual bertajuk upacara Labuhan.

Upacara Labuhan adalah bentuk upacara pengorbanan, dimana kepala hewan ternak seperti kambing atau sapi akan dikorbankan ke laut sebagai sesaji.

Konon upacara Labuhan ini pertama kali dilaksanakan untuk menghindarkan wabah penyakit yang sedang menyerang penduduk desa setempat.

Peristiwa wabah penyakit menular bagi masyarakat Jawa biasa disebut dengan istilah pagebluk. Pagebluk di Desa Kedungsalam itu terjadi sekitar tahun 1913.

Saat itu tersebutlah seorang sesepuh desa bernama Mbah Atun yang mendapat mimpi untuk menggelar upacara Labuhan di pantai agar terhindar dari bencana itu.

Upacara ini dilakukan oleh penduduk desa setempat dengan iringan kesenian reog pada sepanjang ruas menuju pantai.

Iringan-iringan orang mengenakan baju tradisional Jawa dan membawa sesaji itu kemudian berjalan menuju Gunung Kombang, kurang lebih 300 meter dari bibir pantai. Deburan ombak yang menghantam jembatan dan semilir angin, menambah suasana khusyuk upacara labuhan tersebut.

Nah, bagi wisatawan yang tertarik dengan keindahan dan cerita legenda Pantai Ngliyep, masukkan destinasi ini ke dalam daftar tujuan liburan Anda.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup lengkap, mulai dari lahan parkir, penginapan, toilet umum, mushola, warung makan, pos kesehatan, pendopo atau pesanggrahan, hingga penginapan. Harga sewa penginapan cukup murah, hanya sekitar Rp. 75.000 rupiah per kamar.

Untuk mencapai Pantai Ngliyep sangat mudah. Pengunjung bisa memilih rute Karangkates atau Kepanjen. Jika melalui Kepanjen Anda bisa naik angkutan umum dengan kode GN2 warna putih.

Sedangkan jika lewat Karangkates kita bisa naik angkutan umum dengan kode GN1 dengan warna oranye. Dibutuhkan waktu kira-kira 2,5 jam dari pusat kota Malang atau cukup 1 jam dari Karangkates.

Jalur menuju Pantai Ngliyep ini sangat indah walaupun di beberapa tempat rawan kecelakaan karena jalan sempit dan minim rambu-rambu. Di sepanjang jalan mulai dari Kedungsalam pengunjung akan disuguhi pemandangan pegunungan kapur.

Pantai Ngilyep letaknya berdekatan dengan Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Gua China.

Sumber : http://surabaya.panduanwisata.id/wisata-alam/mengintip-eksotisme-pantai-ngliyep-yang-belum-terjamah/

© Copyright 2018 Amazing Malang - Amazing Your Adventure

Search