Info Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Video Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Berbagi Foto Wisata
Amazing Malang

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/wwwkemas/public_html/amazingmalang.com/administrator/components/com_sppagebuilder/helpers/sppagebuilder.php on line 156

8 Hari Keliling Hongkong – Shenzhen – Macau

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

8 Hari Keliling Hongkong – Shenzhen – Macau

 

Saya tertarik untuk menjelajahi ketiga negara ini ketika mbak Claudia Kaunang menerbitkan bukunya “ 2 juta keliling Macau, Hongkong dan Shenzhen”, dan kesempatan itu datang ketika Air Asia mengadakan promo besarnya bulan Pebruari 2011. Untunglah saat itu belum ada kebijakan Fuel Surcharge sehingga hanya dengan Rp. 768.000,- per orang saya sudah mendapat tiket pesawat dengan rute keberangkatan Surabaya-Medan-Hongkong dan pulangnya Macau-Kuala Lumpur-Surabaya untuk penerbangan bulan September 2011.

Hongkong

Kenapa Medan-Hongkong? Karena saat itu tiket Medan-Hongkong lebih murah dari Kuala Lumpur-Hongkong dan saya berpikir untuk sekalian menjelajahi kota Medan selama masa transit. Sayangnya, di bulan Agustus 2011 Air Asia memutuskan untuk menghapus

rute Medan-Hongkong dan menawarkan dua alternatif  pengganti, mau refund atau reroute. Jelas saya memilih reroute, akhirnya Air Asia mengganti tiket Medan-Hongkong menjadi Kuala Lumpur-Hongkong tanpa ada tambahan biaya apapun (what a wonderful service!!).

Dalam penyusunan itinerary, selain buku mbak Claudia Kaunang dan  riset di internet, saya juga memakai satu buku terbitan Lonely Planet yang berjudul “Hongkong & Macau”. Saya memulai riset sekitar bulan Maret 2011 dan itinerary selesai bulan itu juga. Tapi pada saat awal September, ketika update data saya menemui beberapa informasi harga dan rute sudah berubah, terutama di Shenzen. Dalam jangka waktu 6 bulan, Shenzhen sudah menambah line metro dari 2 menjadi 4 dengan beberapa tambahan pemberhentian baru dan beberapa nama pemberhentian lama diganti dengan nama yang baru. Alhamdulillah, hasil risetnya tidak sia-sia, kalau dihitung secara statistik sih nyasarnya “cuman” 5% dan 75% dari target dapat terpenuhi (he he).

Shenzhen

Secara keseluruhan, ketiga negara ini banyak menawarkan wisata kota modern. Hongkong, bisalah disamakan dengan Singapore dalam versi yang lebih mahal. Menurut saya pribadi, Singapore lebih unggul dari Hongkong, walaupun ada beberapa sudut kota Hongkong yang memang unik dan lain daripada yang lain. Untuk biaya transportasi, Hongkong memegang rekor lebih mahal sedangkan di satu sisi segalanya lebih murah di Shenzhen baik biaya transport, makan maupun biaya penginapan. Macau, memegang rekor termahal untuk penginapan dan makan walaupun biaya transport sangatlah murah. Soal bahasa, Inggris bukanlah bahasa yang dikuasai oleh ketiga penduduk negara ini. Bahkan para pelaku wisatapun kebanyakan tidak bisa berbahasa Inggris. Ketiga resepsionis hotel yang kami tempati sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris walaupun e-mail pemesanan hotel selalu dibalas dengan bahasa Inggris yang sangat baik. Walhasil, bahasa Tarzan-lah yang sangat berperan. Jadi teman, kalau bahasa Inggrismu tidak begitu baik jangan kuatir untuk berpergian ke ketiga negara ini karena kemampuan pantomimmulah yang akan diuji bukan bahasa Inggrismu (he he he).

Macau

Untuk perjalanan selama 8 hari ini (26 September 2011 s/d 3 Oktober 2011), dengan beberapa penghematan pun (antara lain membawa pop mie sebanyak backpack saya bisa memuat, menginap di hotel termurah bahkan makan sepiring berdua karena porsi makanan sangat besar) tetap saja saya menghabiskan dana sekitar Rp. 5,4 juta per orang. Saat saya berangkat kurs untuk 1 HK$ = Rp. 1.200 (Hongkong), 1 Y=Rp. 1.400 (Shenzhen), 1 MOP$=Rp. 1.200 (Macau) dan 1 RM=Rp. 3.000 (Malaysia). Biaya diatas sudah termasuk tiket pesawat pulang pergi, biaya pengurusan VOA di Shenzhen, tiket atraksi, biaya makan, akomodasi dan transportasi.

Tulisan ini akan terbagi menjadi 8 bagian sesuai dengan hari-hari yang saya lalui dan perkiraan biaya seperti biasa akan saya cantumkan di setiap akhir tulisan. Sekali lagi teman, tulisan ini saya buat selain sebagai dokumentasi pribadi juga bertujuan mengajakmu untuk jalan-jalan, kemana saja. Paling tidak, saat kita tua dan tidak mampu untuk jalan-jalan lagi lagi ada sesuatu untuk dibaca dan dikenang sebagai bukti bahwa kita sudah berusaha semampunya untuk melihat keindahan alam ciptaan Tuhan.

Happy Traveling dan semoga bermanfaat.

© Copyright 2018 Amazing Malang - Amazing Your Adventure

Search