Info Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Video Wisata dan Lainnya
Amazing Malang
Berbagi Foto Wisata
Amazing Malang

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/wwwkemas/public_html/amazingmalang.com/administrator/components/com_sppagebuilder/helpers/sppagebuilder.php on line 156

Hari Ke-5 (Shenzhen)

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Hari Ke-5 (Shenzhen)

 

Hari ini sebenarnya saya sudah menyusun rencana untuk pergi ke Dameisha Beach sebelum mengunjungi Overseas Chinese Town East (OCT East), sebuah theme park yang berjarak 3 jam di sebelah timur Shenzhen. Sepulang dari OCT, kami berencana mampir ke Luohu Shopping Complex di stasiun Luohu. Sayangnya, semua tidak dapat terlaksana karena faktor “U” :). Capek karena perjalanan hari-hari sebelumnya, mood jadi turun. Membayangkan naik bis ke luar kota, mesti berangkat pagi-pagi padahal maunya santai-santai saja dan berangkat jalan agak siang. Belum lagi kalau kesasar pasti akan lebih menguras tenaga karena kendala bahasa. Akhirnya demi menjaga mood, ritme diturunkan dan itinerary dirubah total banting stir cari tempat rekreasi yang dekat dan kemungkinan nyasarnya kecil. Pilihan jatuh pada Happy Valley, sebuah theme park yang letaknya berseberangan dengan Window Of The World. Dari Luohu tempat ini dapat dicapai dengan Shenzhen metro turun di stasiun WOW exit A. Dari kelima theme park Happy Valley (Beijing, Chengdu,  Shanghai dan Wu Han) Shenzhen Happy Valley adalah yang pertama dibangun oleh OCT Group sebuah perusahaan theme park terkemuka di Cina yang juga memiliki WOW dan Splendid China.

Wahana UFO di Beijing Happy Valley

Shenzhen Happy Valley

Dibahas dengan detil di buku Claudia Kaunang “2 Juta Keliling Macau, Hongkong dan Shenzhen” tapi tidak disebut

satu katapun di buku Lonely Planet “Hongkong, Macau City Guide” membuat saya penasaran juga dengan theme park ini. Lonely Planet gitu loh ! harusnya kan lebih lengkap. Begitu keluar dari exit A di stasiun metro WOW kita akan langsung disambut oleh billboard besar bertuliskan Happy Valley dengan taman kecil di depannya. Tapi tengak-tengok kok tidak ada gerbang masuk dan tidak ada petunjuk arah mesti kemana. Akhirnya kita memutuskan jadi penguntit, pokoknya kalau ada yang foto di depan billboard Happy Valley akan kita ikuti dengan asumsi mereka adalah turis juga. Sialnya gerombolan turis pertama yang kita ikuti masih mampir-mampir dulu ke toko beli cemilan :). Usut punya usut ternyata dari exit metro mesti jalan dulu sejauh kurang lebih 500 mt ke arah kiri atau ke arah jalan Qiaocheng W Street barulah ketemu pintu gerbangnya.

Billboard Happy Valley dan Gerbang Tiketnya

Shenzhen Happy Valley memiliki kurang lebih 100 atraksi permainan yang tersebar di 9 area dengan tema yang berbeda. Ke 9 area tersebut adalah : Spanish Square, Cartoon City, Mt. Adventure, Gold Mine Town, Shangri-la Woods, Sunshine Beach, Typhoon Bay, Playa Maya Water Park dan Happy Times. Dari sekian banyak permainan tersebut ada beberapa yang memang patut dicoba yaitu :

Shoot The Chute, kalau di Dufan samalah dengan wahana Niagara. Berbentuk log flume yang meluncur dari ketinggian 30 meter. Kalau tidak mau basah beli saja jas hujan sekali pakai yang dijual di loketnya atau kalau mau hemat bawa saja jas hujan sendiri.

Shoot The Chute

Top Spin, sama dengan permainan Tornado Dufan hanya ukurannya lebih kecil.

Top Spin

*Discovery, nah kalo yang ini memang tidak ada di Dufan ataupun di Universal Studio Singapura. Berbentuk ayunan raksasa dimana tempat duduknya diatur melingkar seperti roda. Selanjutnya pengunjung akan diayun dan diputar seperti sepotong friesbee.

Discovery

Bullet Coaster, merupakan wahana terbaru di Happy Valley. Berupa roller coaster 4 tempat duduk dengan puncak lintasan melengkung seperti ujung peluru. Konon kecepatannya mencapai 140 km/jam. Sayangnya sampai tulisan ini dibuat, belum ada tanda-tanda dibuka padahal semua lintasannya sudah lengkap.

Bullet Coaster

* Suspended Looping Coaster,  dengan lintasan sepanjang kurang lebih 700 mt, roller coaster ini bisa disamakan dengan Cyclone-nya Universal Studio Singapore tapi dengan kecepatan yang lebih rendah (sekitar 89 km/jam).

Suspended Looping Coaster

Space Shot, dalam wahana ini pengunjung didudukkan dalam 3 deret kursi yang diatur mengelilingi ke-3 sisi tiang Space Shot. Selanjutnya mereka dikerek keatas setinggi 60 meter sebelum dijatuhkan ke bawah dengan kecepatan tinggi. Ada versi mini dari wahana ini yaitu Sky Drop yang tingginya “hanya” 30 mt.

Space Shot-Siapa yang mau dijatuhkan dari tiang setinggi itu?

*Playa Maya Water Park, bila suka basah-basahan di tempat ini terdapat water park yang hanya buka dari tanggal 1 Mei s/d 1 Oktober. Disebut Playa Maya karena seluruh eksterior dan interiornya didekorasi seperti kuil kuno suku Maya. Ada dua atraksi yang menarik di wahana ini yaitu : Aqua Loop, dari menara setinggi 17 meter pengunjung diseluncurkan secara vertikal dengan kecepatan 60 km/jam sebegitu cepatnya sehingga dia bisa membuat “loop” atau lingkaran dengan kemiringan 45 derajat hanya dalam waktu 7 detik. Atraksi lain adalah Mat Racers, seluncuran 4 baris dengan tinggi sekitar 14 mt dengan daya luncur 14 m/detik cukup menegangkan juga.

Aqua Loop & Mat Racer

Untuk menjelajahi taman seluas 35 hektar ini, naik saja Sightseeing Bus seharga Y20 perorang (Rp. 26.000). Kereta bermuatan 12 orang ini akan membawa kita mengelilingi Shenzhen Happy Valley dengan model Hop and Off. Tiketnya berupa gelang kertas anti air, bila ingin turun di suatu area tinggal bilang sama supirnya dan bila ingin naik lagi tinggal menyetop Sightseeing Bus yang lewat. Ini mungkin pilihan terbaik bagi kakek dan nenek seperti kami :). Yang menyenangkan walaupun ini theme park harga makanannya tidak gila-gilaan, biasa saja seperti harga di luar. Menariknya lagi, petugas yang berjaga di atraksi-atraksi tertentu (terutama yang menjadi highlight seperti Sky Drop dan Suspended Looping Coaster) menghibur pengunjung dengan menari dan menyanyi. Mereka juga mewawancarai dan menggoda pengunjung yang kelihatan takut sehingga tidak tegang sembari menunggu.

Sightseeing Bus

Selain Sightseeing Bus, ada Happy Line, sebuah kereta monorail dengan jalur sepanjang 3.8 km yang berjalan melintasi semua theme park di area OCT. Dari atas kereta ini, pengunjung dapat menikmati keseluruhan taman Happy Valley, Window Of The World, Splendid China & China Folk Cultural Village serta Ecology Plaza termasuk Mangrove National Park yang merupakan cagar alam nasional di Shenzhen Bay Crescent. Tiketnya sebesar 40 Yuan perorang. Sayangnya saya tidak berkesempatan mencoba karena saat itu monorail ini sedang tidak jalan dalam rangka perbaikan tahunan.

Monorail Happy Line

Secara keseluruhan menurut saya pribadi, Shenzhen Happy Valley ini kurang menarik. Beberapa jenis permainannya hampir samalah dengan Dufan, bahkan dari beberapa segi masih kalah bila dibandingkan dengan Universal Studio Singapura. Tapi untuk jenis-jenis permainan yang lebih menantang rangkingnya berada diatas Hongkong Disneyland dan Dufan. Jadi, bila suka permainan-permainan yang menegangkan dan memacu adrenalin yah disinilah tempatnya tapi bila tidak suka sebaiknya jangan pergi ke Happy Valley karena tanpa menjajal permainan tersebut tempat ini hanyalah theme park biasa. Website resmi Shenzhen Happy Valley dapat diklik disini.

Setelah puas bermain-main, sekitar jam 3 siang kami meninggalkan Happy Valley untuk menjajal keberuntungkan di Splendid China. Lagi-lagi kami kurang beruntung, karena tamannya malah tutup. Akhirnya kami naik metro dan berhenti di stasiun Shopping Park.

Shopping Park

Terpesona oleh Dongmen Pedestrian Street, tentu saja kami mengharapkan pengalaman yang sama disini. Ternyata tidak sesuai harapan, yang namanya Shopping Park hanya sebuah kumpulan mall dan toko biasa.  Kebetulan pemberhentian ini memang dekat dengan CBD-nya Shenzhen. Yang paling terkemuka adalah mall Coco Park yang dibangun separuh dibawah tanah dan separuh diatas. Barang-barang yang dijual disini memang lebih mewah dan mahal. Supermarketnyapun punya Jusco yang harga dan kualitas barangnya premium. Setelah melihat-lihat kami makan siang di restoran Subway dan beli cemilan di 7 Eleven sebelum pulang ke hotel. Jam 16.30 sampai di hotel langsung istirahat sore. Benar-benar hari yang tidak produktif :). Bagaimanapun faktor “Usia” memang tidak bisa dibohongi. Baru dalam perjalanan kali ini saya merasakan lelah dan turunnya mood. Waktu masih muda dulu tidak pernah ada acara pakai mampir-mampir ke hotel segala, langsung jos dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Maka dari itu, kalau ada yang bilang jalan-jalanlah selagi muda memang benar adanya :).

Coco Park Mall

Luohu Commercial City

Selepas Maghrib, kami berjalan-jalan ke Luohu Commercial City yang berjarak kurang lebih 500 mt dari hotel. Namanya sih memang keren, tapi sebenarnya tempat ini hanyalah mall 5 lantai yang menjual berbagai macam barang mulai dari jam tangan, tas, baju sepatu sampai alat-alat elektronik seperti handphone dan tablet. Walaupun sangat populer di kalangan turis, warga Shenzhen sendiri menghindari membeli di tempat ini karena mutu barang yang sangat diragukan terutama alat-alat elektronik. Banyak sekali peringatan yang dikeluarkan di berbagai website tentang penipuan yang banyak terjadi di tempat ini. Untunglah pada saat jalan-jalan kesana kami tidak menjumpai kejadian yang aneh-aneh. Malah saya “menemukan” sepatu jalan yang enak hanya seharga Rp. 50.000,- dan Huawei Tablet seharga Rp. 800.000 sudah lengkap dengan aksesorisnya yang masih bisa dipakai sampai sekarang. Satu lagi yang saya kagumi dari para penjual di tempat ini adalah kegigihannya. Rata-rata mereka masih berusia muda tapi teknik jualannya sangat lihai. Untunglah, suami saya termasuk orang yang jago tawar menawar kalau tidak habislah kami “diporoti” mereka :).

Luohu Commercial City

Setelah puas menjelajahi tempat ini jam 21.30 kami pulang ke hotel. Benar-benar hari yang tidak produktif tapi cukup menyegarkan. Dengan badan yang kembali segar dan mood yang kembali naik kami siap menjelajahi Macau keesokan harinya.

Biaya Hari Ke-5

sumber : https://jejakvicky.com/2011/11/29/hari-ke-5-shenzhen/

© Copyright 2018 Amazing Malang - Amazing Your Adventure

Search