Balai Kota Malang
Malang, Jawa Timur
Gunung Bromo
Jawa Timur
Pantai Tiga Warna
Malang, Jawa Timur
Soto Geprak Mbah Djo
Malang, Jawa Timur
Museum Angkut
Batu, Jawa Timur

 

Nongkrong di Cafe Sawah Pujon Kidul

ASYIKNYA MAKAN DI TENGAH PEMATANG SAWAH

Hasil gambar untuk cafe sawah pujon

Malang seolah gak pernah kehabisan tempat menarik untuk dikunjungi.

Setelah sekian lama gak buka instagramnya akun-akun wisata Malang, kapan hari pas saya kepo eh baru tau kalau ada banyak banget tempat baru di Malang, dan rata-rata lokasinya berada di Batu. Salah satunya yang saat ini lagi sering ditampilkan adalah Cafe Sawah Pujon Kidul, Batu.

Cafe sawah adalah tempat nongkrong yang berada di tengah-tengah persawahan. Beneran di tengah sawah, gak cuma cafe dengan pemandangan persawahan seperti di Pupuk Bawang atau Bess Resort.

Dari sini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam berupa hamparan sawah dan pegunungan yang asri. Jika beruntung, kita juga bisa melihat para petani sedang menggarap lahannya.

Konsepnya outdoor dan semi outdoor, ada satu bangunan permanen semi outdoor di bagian paling atas cafe. Bangunannya menyerupai balai warga gitu, di sini tempat duduk pengunjung dibuat lesehan.

Hasil gambar untuk outdoor cafe sawah

Karena mengikuti kontur sawah, cafe ini pun dibuat berundak-undak. Bagian bawah disediakan gazebo dan beberapa meja kursi. Ada juga taman yang asri untuk tempat berfoto dengan background yang gak kalah kece.

Hasil gambar untuk zona foto cafe sawah

 

Lokasi dan Rute Menuju Cafe Sawah Pujon

Sebenarnya lokasi Cafe Sawah sudah ada di google maps, tapi rada tricky juga nyari tempatnya. Saya aja sempet kelolosan lumayan jauh karena minimnya papan petunjuk arah. Jadi bacalah instruksi saya berikut ini baik-baik biar gak nyasar. Apalagi kalau signal providermu gak sampai daerah Pujon.
 
Dari pusat kota Batu, arahkan kendaraan ke jalur Batu-Kediri. Setelah melewati daerah Payung alias jalan yang berkelok-kelok itu, nanti bakal ketemu sama pertigaan patung Sapi (itu lho pertigaan coban rondo). Dari Patung Sapi pelankan kendaraan karena sekitar 50 meter dari situ bakal ada gang di kiri jalan yang bernama jalan beringin, di gangnya terpasang plang, "pangkalan ojek Pujon Kidul".
 
Masuk ke gang sekitar 4 km, melewati kelokan, tanjakan dan perkampungan penduduk. Nanti akan bertemu pertigaan, ke kanan pujon lor dan lurus ke pujon kidul. Setelah melewati pertigaan, di kiri jalan akan bertemu sekolah satu atap. Nah itu tandanya lokasi Cafe Sawah sudah dekat. Kemudian masuk gang kecil di kanan jalan, kalau ini tanya penduduk atau liat google maps aja ya. Soalnya gang kampungnya kan banyak, ketimbang salah belok.
Dari gang tadi, terus mentok, belok kanan dikit, kemudian belok kiri (ini gangnya semakin sempit), setelah itu bakal ketemu persawahan.
 
Sudah sampai?
 
Belum, masih harus melewati jalan makadam sekitar 300 m. Setelah itu baru deh sampai di Cafe Sawah Pujon Kidul.
 
 
 
Transportasi Menuju Cafe Sawah Pujon
 
Apa mobil bisa masuk? Tenang saja buat kalian yang membawa mobil pribadi bisa masuk, di Cafe Sawah sudah disediakan parkiran mobil dengan tarif Rp 5 ribu.
Hasil gambar untuk parkir mobil cafe sawah
Tapi saran saya sih mending kalau ke cafe sawah bawa motor aja karena jalan perkampungan dan makadamnya itu cuma cukup untuk satu mobil dengan ukuran kecil. Gak bayangin kalau papasan dengan mobil lainnya saat itu. Berikut saya juga akan membahas transportasi dari bandara, stasiun, dan terminal.
 
  • Dari Bandara Abdulrahman Saleh

Jika anda turun dari Bandara Abdulrahman Saleh anda harus naik taksi bandara . Tidak ada lagi taksi lainnya yang beroperasi di bandara
ini kecali taksi milik koperasi TNI AU tersebut. Untuk tariff bervariasi sesuai tujuan dan jarak tempuh, untuk
ke pusat kota kurang lebih 60-80 ribuan, sedangkan untuk tujuan wisata Batu sekira 80-100 ribuan. Taksi di
Bandara ini memnag tidak menggunakan Argo sehingga lebih kepada kebiasaan tarif ataupun tawar-menawar.
Jika anda ingin lebih irit naik taksi cukup sampai jalan utama kota Malang (bandara terletak dibagian timur kota Malang) kemudian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum dengan plat ADL (Arjosari - Dinoyo - Landungsari) , atau AL (Arjosari - Landungsari) angkot berwarna biru, turun di Terminal Landungsari, Kemudian dari Landungsari menuju kotawisata Batu dengan pilihan warna angkot ada angkot kuning dan angkot ungu muda menuju Kota Wisata Batu. Sesampainya di terminal Batu , silahkan anda naik Angkot BNK (Jurusan Batu – Ngantang – Kasembon PP) Angkot warna merah hati.

Rute: Terminal Batu – Jl. Dewi Sartika Atas – Jl. Terusan Agus Salim – Jl. Sultan Agung – Jl. Abdul Gani – Jl. Suropati – Jl. Ikhwan Hadi –Jl. Panglima Sudirman – Jl. Trunojoyo – Pujon – Ngantang – Waduk Selorejo – Pasar Ngantang – Kasembon – Ngantang – Pujon – Jl. Trunojoyo –Jl. Panglima Sudirman – Jl. Ikhwan Hadi – Jl. Suropati – TMP – Jl. Abdul Gani – Jl. Sultan Agung – Jl. Terusan Agus Salim –
Jl. Dewi Sartika Atas – Terminal Batu. Anda hanya perlu untuk bilang turun di cafe sawah pujon kidul, karena angkot ini lewat jalan disekitar cafe itu.

 

  • Dari Stasiun Kota Baru

Untuk anda yang berangkat naik Kereta api Lokasi pertama yang anda tuju adalah Stasiun Kotabaru Malang , Setibanya di Stasiun Kotabaru anda bisa naik angkutan umum ADL(Arjosari – Dinoyo – Landungsari) atau AL (Arjosari – Landungsari) dengan biaya sekita Rp. 4.000 dan turun di Terminal Landungsari.Kemudian dari Landungsari menuju kota wisata Batu dengan pilihan warna angkot ada angkot kuning dan angkot ungu muda menuju Kota Wisata Batu. Setelah sampai di terminal Batu , silahkan anda naik Angkot BNK (Jurusan Batu – Ngantang – Kasembon PP) Angkot warna merah hati.

Rute: Terminal Batu – Jl. Dewi Sartika Atas – Jl. Terusan Agus Salim – Jl. Sultan Agung – Jl. Abdul Gani – Jl. Suropati – Jl. Ikhwan Hadi –Jl. Panglima Sudirman – Jl. Trunojoyo – Pujon – Ngantang – Waduk Selorejo – Pasar Ngantang – Kasembon – Ngantang – Pujon – Jl. Trunojoyo –Jl. Panglima Sudirman – Jl. Ikhwan Hadi – Jl. Suropati – TMP – Jl. Abdul Gani – Jl. Sultan Agung – Jl. Terusan Agus Salim –Jl. Dewi Sartika Atas – Terminal Batu. Untuk yang satu ini lagi-lagi juga sama , anda hanya perlu untuk bilang turun di Cafe Sawah Pujon.

 

  • Dari Terminal Arjosari

Jika anda turun dari Terminal Arjosari , anda bisa naik angkot dengan plat ADL (Arjosari - Dinoyo - Landungsari) ,
atau AL (Arjosari - Landungsari) angkot berwarna biru, turun di Terminal Landungsari, Kemudian dari Landungsari menuju kota wisata Batu dengan pilihan warna angkot ada angkot kuning dan angkot ungu muda menuju Kota Wisata Batu. Setelah sampai di terminal Batu , silahkan anda naik Angkot BNK (Jurusan Batu – Ngantang – Kasembon PP) Angkot warna merah hati.

Rute: Terminal Batu – Jl. Dewi Sartika Atas – Jl. Terusan Agus Salim – Jl. Sultan Agung – Jl. Abdul Gani – Jl. Suropati – Jl. Ikhwan Hadi –Jl. Panglima Sudirman – Jl. Trunojoyo – Pujon – Ngantang – Waduk Selorejo – PasarNgantang – Kasembon – Ngantang – Pujon – Jl. Trunojoyo –Jl. Panglima Sudirman – Jl. Ikhwan Hadi – Jl. Suropati – TMP – Jl. Abdul Gani – Jl. Sultan Agung – Jl. Terusan Agus Salim –Jl. Dewi Sartika Atas – Terminal Batu. Untuk yang satu ini juga sama , anda hanya perlu untuk bilang turun di Cafe Sawah Pujon.
Well , untuk dari terminal lebih terjangkau loh budgetnya, cocok untuk kamu yang suka backpacker hehehe..

 

 

Jam Buka Cafe Sawah Pujon

Apabila anda berencana nongkrong sambil berfoto-foto ria di Cafe Sawah Pujon Kidul, pastikan anda datang ketika cafenya sedang buka. Cafe Sawah Pujon Kidul buka setiap hari mulai pagi jam 08.00 WIB sampai jam 19.00 WIB. Khusus akhir pekan (Sabtu-Minggu) cafe ini buka hingga jam 22.00 WIB.

 

 

Harga Tiket Masuk dan Menu Makanan di Cafe Sawah Pujon

Untuk sekedar masuk lokasi Cafe Sawah Pujon Kidul sama sekali tidak dikenai biaya, alias gratis. Anda cukup membayar parkir dengan tarif Rp 2.000 saja untuk sepeda motor, sedangkan untuk mobil tarifnya Rp 5.000. 

Sementara itu, untuk menu makanan tampaknya anda tak bisa berharap terlalu banyak dari tempat ini. Cafe Sawah Pujo Kidul menawarkan menu-menu sederhana seperti nasi jagung, bakso, nasi goreng, ayam bumbu, ayam crispy, lalapan, dan sebagainya. Sedangkan untuk minuman hanya sejenis minuman sachet seperti kopi, teh, dan susu saja. Meski demikian harya yang dipatok di cafe Sawah Pujon Kidul cukup murah berkisar Rp 10-30 an saja. Disana juga terdapat beberapa warung prasmanan yang juga menyediakan menu-menu makanan rumahan.

Hasil gambar untuk makanan cafe sawah

Gambar terkait

Ayoo datang saat hari biasa atau kalau pun weekend datang saat masih pagi. Biasalah tempat hitz bukan hanya untuk kalangan anak muda saja lho, disana juga lagi rame-ramenya. Saat weekday pengunjungnya lumayan rame lho, gimana kalau weekend kan? Pasti lebih rame lagi. Luangkan waktu luang anda untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman meskippun itu cuma sekdar nongkrong saja. Jangan jadikan kesibukan anda sebagai alasan. Happy Weekend Ya..... :)

 

Baca juga : - http://www.mesikapw.com/2016/12/cafe-sawah-pujon-kidul-batu-cara-asyik.html

                   - https://penginapan.net/rute-harga-makanan-jam-buka-dan-tiket-masuk-cafe-sawah-pujon-kidul/

                   - https://indonesia.tripcanvas.co/id/malang/restoran-romantis-pemandangan-asik/

 

by Putriamaii

 

 

© 2017 Amazing Malang - Amazing Malang Your Adventure