Balai Kota Malang
Malang, Jawa Timur
Gunung Bromo
Jawa Timur
Pantai Tiga Warna
Malang, Jawa Timur
Soto Geprak Mbah Djo
Malang, Jawa Timur
Museum Angkut
Batu, Jawa Timur

 

Wisata Edukasi Museum Angkut

MENJELAJAHI DUNIA DI MUSEUM ANGKUT

 

Kota Malang sampai saat ini masih tetap menjadi tujuan wisata yang masih banyak diminati. Dibuktikan dengan adanya tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi para pengunjung mulai dari dalam sampai luar kota. Misalnya, Jatim park 1,2,dan 3, Batu Night Spectakuler (BNS), Selecta, Air terjun coban rondo,dan masih banyak lagi.

            Beberapa waktu terakhir jatim park group menambah satu lagi destinasi wisata yang tergolong unik dan menarik untuk dikunjungi yaitu musem angkut. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa di dalamnya adalah musem transportasi. Tapi musem angkut berbeda dari museum2 yang lain karena jumlah koleksi di dalamnya sangat lengkap dari semua negara di dunia.

Museum angkut merupakan salah satu objek wisata yang pantas untuk dikunjungi bersama teman atau keluaga saat sedang berlibur atau mengambil paket tour di kota Batu. Museum ini baru dibuka 9 Maret 2014 tahun lalu dan kian lama nama museum angkut ini memang semakin terkenal karena memang menyediakan atraksi wisata yang menggabungkan antara sejarah dan hiburan yang menarik. Seperti namanya, museum angkut ini berisikan kendaraan-kendaraan yang ada dari zaman dahulu yang sering digunakan orang untuk bepergian dari beragam tempat dan Negara. Dengan konsep sebuah lingkuangan yang dibuat menyerupai Negara asli kendaraan tersebut berasal membuat menikmati saat tamasya di museum angkut ini berkesan. Berikut akan dijelaskan mengenai denah lokasi,transportasi,penginapan,

fasilitas dan wahana-wahana yang ada didalam museum angkut ini.

  • Lokasi dan Tiket Masuk ke Museum Angkut Batu Malang

Museum Angkut belokasi di Jl. Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec.Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Memasuki gerbang masuk area Museum Angkut, anda akan melihat Pasar Apung di sebelah kanan dan replika jet tempur di sebelah kiri. Sampai di lokasi wisata museum angkut anda harus antri untuk membeli tiket. Memang wisatawan cukup antusias untuk melihat museum yang relative masih baru ini, jadi anda harus sabar.

Jam Buka

Museum angkut buka setiap hari dari jam 12.00 hingga 20.00 WIB. Namun untuk loketnya sendiri sudah dibuka dari jam 11.00 dan sudah ditutup pada jam 19.30 WIB

Harga Tiket Masuk

Senin – Jumat (Weekdays) : Rp. 70.000,-

Sabtu – Minggu (Weekends) : Rp. 80.000,-

Tinggi badan 85 cm keatas dikenakan tiket penuh. Jika ingin ke museum D’Topeng,anda hanya perlu menambah harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-

Selain harga tiket masuk ke Museum Angkut , anda juga diharuskan membeli tiket kamera seharga Rp. 30.000,- karena jika membawa kamera berjenis DSLR,Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dan sebagainya kecuali Handphone.

Untuk mencari lokasi Museum Angkut ini bisa ditempuh dengan berkendara montor roda dua maupun roda empat.Jangan khawatir jika tidak ada kendaraan pribadi atau memang sengaja ingin naik kendaraan umum, disini juga akan membahas mengenai rute kendaraan untuk menuju ke museum angkut dari Bandara Abdulrahman Saleh, Stasiun Kereta Api, dan Terminal sekitar area Malang Raya.

  • Transportasi Ke Museum Angkut Batu Malang

- Dari BANDARA ABDULRAHMAN SALEH

Jika anda turun dari Bandara Abdulrahman Salehanda harus naik taksi karena tidak tersedia angkutan umum dibandara tersebut.Ini bisa dibilang taksi bandara yang dioperasikan oleh Koperasi TNI AU merupakan satu-satunya angkutan umum yang beroperasi di Bandara ini. Tidak ada taksi lainnya yang beroperasi di bandara ini kecali taksi milik koperasi TNI AU tersebut. Untuk tariff bervariasi sesuai tujuan dan jarak tempuh, untuk ke pusat kota kurang lebih 60-80 ribuan, sedangkan untuk tujuan wisata Batu sekira 80-100 ribuan. Taksi di Bandara ini memnag tidak menggunakan Argo sehingga lebih kepada kebiasaan tarif ataupun tawar-menawar. Jika anda inbgin lebih irit naik taksi cukup sampai jalan utama kota Malang (bandara terletak dibagian timur kota Malang) kemudian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum dengan plat ADL (Arjosari - Dinoyo - Landungsari) , atau AL (Arjosari - Landungsari) angkot berwarna biru, turun di Terminal Landungsari, Kemudian dari Landungsari menuju kota wisata Batu dengan pilihan warna angkot ada angkot kuning dan angkot ungu muda menuju Kota Wisata Batu. Sampai Terminal Kota Wisata Batu naiklah angkot warna Hijau atau warna orange turun persis di depan Museum Angkut. Tarif untuk pelajar berseragam sekolah 2.000 dan umum 3.000 rupiah. tidak lebih dari 10.000 untuk antar terminal.

         

 

- DariSTASIUN KOTA BARU MALANG 

Bagi anda yang berasal dari luar kota Malang anda bisa naik Kereta Api jurusan Stasiun Kota Baru. Setibanya di Stasiun Kota Baru anda bisa naik angkutan umum ADL(Arjosari – Dinoyo – Landungsari) atau AL (Arjosari – Landungsari) dengan biaya sekita Rp. 4.000 dan turun di Terminal Landungsari. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan naik Bus Puspa Indah dan turun di depan Museum Angkut dengan tarif sekitar Rp. 3.000 sampai Rp.4.000.

      

 

- Dari TERMINAL ARJOSARI MALANG

Jika anda turun dari terminal Arjosari yang dari malang kota, anda bisa naik angkot dengan plat ADL (Arjosari - Dinoyo - Landungsari) , atau AL (Arjosari - Landungsari) angkot berwarna biru, turun di Terminal Landungsari, Kemudian dari Landungsari menuju kota wisata Batu dengan pilihan warna angkot ada angkot kuning dan angkot ungu muda menuju Kota Wisata Batu. Sampai Terminal Kota Wisata Batu naiklah angkot warna Hijau atau warna orange turun persis di depan Museum Angkut. Tarif untuk pelajar berseragam sekolah 2.000 dan umum 3.000 rupiah. tidak lebih dari 10.000 untuk antar terminal.

      

 

  • Penginapan di daerah Batu Malang

1. The Batu Villas Malang

Sebuah Villa yang Nyaman, Lengkap, dan Terjangkau di Batu, Malang.Terletak di Malang, The Batu Villas menyediakan pelayanan yang ramah dan fasilitas modern. Kami menjamin masa menginap yang menyenangkan bagi para tamu dengan layanan kami yang personal dan berbagai macam fasilitas modern yang tersedia di hotel kami.

            Detail The Batu Villas Malang

Alamat

Jl.Sultan Agung No.29,Batu - Malang

Harga

Rp. 70.000

Waktu check-in standar

14:00 * Waktu check-in dari plan mempunyai prioritas lebih besar

Waktu check-out standar

12:00 * Waktu check-out dari plan mempunyai prioritas lebih besar.

Jumlah kamar

14 (Single: 0, Double: 0, Twin: 0, Suite: 0,Lainnya: 0)

Tahun dibangun

--

Tahun renovasi

--

Fasilitas di The Batu Villa Malang

  • Wifi gratis di tempat umum

Gratis

  • Internet di Kamar Hotel

Wifi / Gratis

       

 

 

        Informasi tambahan tentang The Villas Batu

Nikmati asrinya suasana Kota Malang bersama The Batu Villas yang indah dan nyaman. Properti bintang 2 ini menyediakan berbagai tipe kamar sesuai budget Anda, mulai dari dormitory untuk backpacker hingga villa 4 kamar untuk keluarga. Setiap kamar dilengkapi fasilitas TV, balkon pribadi serta peralatan mandi sederhana. Koneksi Wi-Fi bisa diakses secara cuma-cuma oleh tamu. Manjakan diri Anda dengan pijat dan refleksi bersama fasilitas yang disediakan Hotel. The Batu Villas juga menawarkan jasa laundry dan rental kendaraan selama perjalanan Anda di Malang. Bandara Abdul Rachman Saleh bisa dijangkau dalam waktu 45 menit berkendara.

 2. Tya Backpakkers

Hotel ini sangat cocok untuk yg ingin berwisata dimalang dikarenakan posisinya ditengah kota malang

Tya Backpackers Malang adalah akomodasi modern sederhana namun tidak mengurangi kenyamanan anda. Konsep keseluruhan bangunan yang dirancang dengan konep modern dikombinasikan nuansa tradisional untuk memaksimalkan privasi tamu. Lingkungan yang aman, bersih, menambah daya tarik penginapan ini sering dikunjungi para wisatawan.

            Detail Tya Backpakkers

Alamat

Jl. Bendungan Sigura-gura Barat, Ruko Griya Mandiri Kav. 9, Malang

Harga

Rp. 57.000.-

Waktu check-in standar

13:00 * Waktu check-in dari plan mempunyai prioritas lebih besar

Waktu check-out standar

11:00 * Waktu check-out dari plan mempunyai prioritas lebih besar.

Jumlah kamar

6 (Single: 0, Double: 0, Twin: 1, Suite: 0,Lainnya: 5)

Tahun dibangun

2015

Tahun renovasi

2015

            Fasilitas di Tya Backpakkers

  • Wifi gratis di tempat umum

Gratis

  • Internet di Kamar Hotel

Wifi / Gratis

 

        Informasi lain tentang Tya Backpakkers

Tya Backpackers menawarkan penginapan dengan konsep ruangan modern dengan perpaduan nuansa tradisional. Dari Stasiun Kota Baru Malang, penginapan ini dapat dicapai selama 20 menit dan dari terminal Arjosari Malang berjarak sekitar 30 menit saja. 

Setiap kamar di Tya Backpackers ini berkapasitas empat orang, dimana masing-masing akan mendapat satu ranjang tempat tidur, kamar mandi, dan toilet. Sedangkan fasilitas lain yang ditawarkan adalah WIFI gratis di seluruh area dan area parkir kendaraan.

Anda hanya membutuhkan waktu lima menit berkendara untuk sampai di pusat perbelanjaan Malang Town Square dari penginapan ini. Tempat menarik lain sperti Batu Night Spectaculer hanya berjarak sekitar 45 menit berkendara.

 

sumber dari : https://www.pegipegi.com/hotel/malang/batu/

 

  • Wahana yang Ada di Museum Angkut Batu Malang

Museum ini menyediakan berbagai wahana yang menarik bagi pengunjung dengan tematik yang berbeda. Mulai dari koleksi mobil antik (kuno), angkutan umum, kendaraan modern, mobil konsep yang sering digunakan di film serta berbagai pertunjukan dan show di Movie Star Studio. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Zona Hall Utama

Ruangan ini adalah ruangan pertama di Museum Angkut yang akan dikunjungi setelah melewati garis Entrance oleh pengunjung. Di tempat ini terdapat berbagai koleksi mobil dari berbagai negara dan berbagai waktu, yang didukung dengan lampu-lampu eksotis sehingga menimbulkan kesan elegan. Sungguh unik dan anda pasti terkesan dan kagum dengan koleksi terbaik di Malang ini.

     2. Zona Edukasi

Wisata pendidikan di zona seluas 900 meter ini berisi tentang sejarah berbagai angkutan transportasi dari waktu ke waktu baik di Indonesia maupun di dunia. Kita bisa belajar mengenai alat angkut di museum ini dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Ini merupakan tempat yang menarik bagi sobat penyuka sejarah otomotif. Salah satu koleksi andalan di zona ini adalah mobil seri Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno.

     3. Zona Sunda Kelapa & Batavia

Di zona Museum Angkut yang ini sobat akan dibawa ke Jakarta tempoe doeloe saat masih bernama Batavia. Suasana di pelabuhan saat pendudukan Belanda, khususnya Menara Syahbandar dengan berbagai jenis angkutan kala itu setidaknya memberikan gambaran kondisi alat transportasi saat itu.

      4. Zona Gangster Town & Broadway Street

Pada obyek ini Al Capone sebagai gangster tersohor di tahun 1970-an beraksi dan siap membawa anda terlibat di dunia gangster. Broadway street yang menjadi tempat impian para artis tersohor dunia ditampilkan bersama dengan berbagai type dan model angkutan transportasi di dalamnya. Jadi, anda tidak perlu jauh-jauh pergi keluar negeri untuk menikmatinya. Di wilayah Malang, tersedia kawasan seperti ini.

 

     5. Zona Eropa

 Negara Belanda, Italia, Perancis, Jerman, dan Inggris yang tersohor di Eropa, disajikan dalam nuansa malam dipadu dengan berbagai mobil angkutan trasportasi khas benua Eropa yang melengkapi situasi kota. Sehingga pengunjung biasa menyebut zona ini sebagai zona romantis. Museum ini cukup pintar mengemas suasananya.

     6. Zona Istana Buckingham

Negara Inggris sebagai kerajaan paling tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai transportasi berkelas seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce, serta jenis mobil lainnya, yang semuanya itu dihadirkan di Museum Angkut Malang ini. Ada juga mobil Land Rover yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth saat parade di Australia.

 

     7. Zona Las Vegas

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati kehidupan malam di Las Vegas. Di museum angkut malang juga ada kok.Nuansa Amerika yang akan mewarnai malam anda dengan gerbang Las Vegas dan berbagai jenis mobil yang melintas. Suasana seru yang menarik ini juga tersedia di kawasan museum ini.

    8. Zona Hollywood

Di salah satu zona teramai di museum ini, anda akan menemukan berbagai alat angkut (mobil) yang digunakan dalam film Hollywood yang sering disebut sebagai mobil konsep.

Disini ada beragam koleksi mulai dari mobilnya Scooby Doo si anjing lucu, hingga Batmobile mobilnya pahlawan super Batman.

    9. Zona Pasar Apung

Keluar dari dalam bangunan museum angkut, anda akan sampai di pasar apung. Satu hal yang harus anda lakukan di sini adalah naik perahu berbiaya sewa Rp10.000.

Anda bisa menikmati suasana yang rileks dan menyenangkan ditambah berbagai macam makanan tradisional, mulai dari nasi timbel, gudeg, bakso, gado-gado, rujak cingur, pempek, sate madura, aneka minuman, susu segar, dan lainnya. Di tempat ini kamu juga bisa membeli oleh-oleh sebagai souvenir, karikatur, seni ukir, lukisan dan batik.

 

  • Fasilitas Lainnya di Museum Angkut Batu Malang

- Shuttle Car

Ada alternatif tur kompleks Museum Angkut, lho. Jika capek untuk jalan kaki, anda bisa naik shuttle car atau numpang Si Thomas, kereta kartun yang lucu!

 

 

- Lift

Lift Museum Angkut akan mengantar kamu ke dunia transportasi yang serba unik!

 

 

- ATM Centered

Tak lagi khawatir kehabisan uang di tengah wahana. ATM Center tersedia di tempat strategis untuk mendukung kebutuhan belanja Anda.

 

 

- Food Court

Jalan-jalan tak lengkap tanpa makanan lezat. Istirahat sejenak sembari menikmati kuliner khas Jawa Timur di food court.

 

- Charging Station

Tersedia soket pengisian daya ponsel yang bisa dipakai pengunjung secara gratis di area Museum Angkut.

 

 

- Mushola

Mushola tersedia untuk pengunjung beragama Muslim yang hendak menunaikan ibadah doa harian.

 

 

- Smoking Area

Merokok jangan di sembarang tempat. Museum Angkut punya area publik yang bebas merokok. Di sini area merokok nggak kalah keren, karena bisa sekalian melihat model mobil-mobil antik yang terparkir di tepi "jalan."

 

 

- Information Centre

Kadang-kadang asyik mengamati koleksi dan instalasi di museum membuat anak-anak atau mungkin anda sendiri terlepas dari rombongan. Bila sudah begitu, temukanlah Information Centre ini, dan Anda tidak perlu cemas lagi.

 

- Area Parkir

Bawa mobil keluarga kamu untuk wisata di Museum Angkut. Area parkir tersedia cukup luas, kok!

 

 

- Loker

Berjalan mengitari Museum Angkut dengan beban barang berat pasti melelahkan. Loker/deposit counter bisa menjadi solusi agar rekreasi Anda lebih lega!

 

  sumber dari : https://jtp.id/museumangkut/

by Putriamaii

© 2017 Amazing Malang - Amazing Malang Your Adventure