Balai Kota Malang
Malang, Jawa Timur
Gunung Bromo
Jawa Timur
Pantai Tiga Warna
Malang, Jawa Timur
Soto Geprak Mbah Djo
Malang, Jawa Timur
Museum Angkut
Batu, Jawa Timur

 

Serunya Hiking ke Ranu Kumbolo

PESONA HORIZON RANU KUMBOLO

 

Kali ini saya akan mendestinasikan tempat camping buat para pendaki-pendaki di seluruh dunia. Tempat ini dikenal dengan nama Ranu Kumbolo. Siapa yang tidak mengenal wisata Ranu Kumbolo? Bagi kalian pecinta hiking pasti tidak asing dengan nama ini kan?

Wisata yang satu ini cukup populer semenjak penayangan film 5 cm tahun 2012 lalu.

Wisata Ranu Kumbolo ini sebenarnya merupakan satu kawasan dengan Gunung Semeru. Bagi Anda yang menyukai wisata alam, destinasi Ranu Kumbolo ini tidak boleh untuk Anda lewatkan.

Pesona alamnya yang begitu indah dan masih alami menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh anda lewatkan. Meskipun Anda harus menempuhnya dengan berjalan kaki hingga berjam-jam lamanya, namun semua itu akan terbayar dengan keindahan dari Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo sendiri sebenarnya merupakan danau gunung yang berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letak dari danau ini berada di Pegunungan Tengger, tepatnya di kaki Gunung Semeru.

Kondisi alam dari Ranu Kumbolo ini memang sangat indah dengan udaranya yang begitu segar tentu bisa menjadi alternatif berlibur bagi Anda yang ingin melepas penat sejenak. Apalagi akhir-akhir ini objek wisata ini memang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

  • Tempat Penyewaan Alat Outdoor

Pada artikel ini saya akan membagikan tempat persewaan alat camping dan outdoor yang ada di area Kota Malang.

  1. Edelweiz Adventure

Rental tenda dan peralatan camping yang beralamat di Jl. Kebalen Wetan 491 (dekat stasiun kota lama/timur RS Panti Nirmala)

Jam operasional mulai pkl 07.00 – 22.00 WIB

Hitungan sewa per 24 jam

Jaminan sewa : meninggalkan identitas KTP/SIM/KTM/Kartu Pelajar

CP :

- sms / telp : 0896 7527 3001

- wa            : 0896 7527 3001

- pin bbm    : 5986c784

http://edelweizadventure.blogspot.co.id/

 

          2. Malang Camp

Malang Camp merupakan sarana yang menyediakan kebutuhan dalam bidang Outdoor Activity salah satunya adalah persewaan alat – alat Camping yang beralamat di Jl. Terusan Sudimoro Lowokwaru-Malang (depan SDN 5 Mojolangu).caranya sewanya bisa dilakukan dengan lewat Telp, SMS, WA/ LINE atau BBM.

TELP / WA / LINE : 085 646 547 053
PIN BB = D37 B40 CB
EMAIL = This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Langkah dan Ketentuan:

  1. Tanyakan apa yang akan di Sewa, dan cantumkan Nama dan Lokasi, kemudian kami akan menotalkan.
  2. Pemesanan melakukan DP 25% dari biaya keseluruhan, pembayaran bisa dilakukan ke rekening kami  BCA, Mandiri, BRI atau bisa langsung datang ke lokasi.
  3. Setelah melakukan DP kami Mencatat data Pemesan.
  4. Pelunasan Transaksi dilakukan paling lambat saat pengambilan barang
  5. Jika setelah DP kemudian pemesan melakukan pembatalan maka DP tersebut hangus.

 

ATURAN DAN SYARAT SEWA..
1. Penyewa Melakukan sewa dengan meninggalkan E-KTP / SIM dan alamat tinggal yang BERLAKU dan JELAS, sebagai jaminan
2. Bagi siapa yang melakukan Booking kemudian membatalkan, uang DP akan hangus.
3. Hitungan Sewa Per  Hari = 24 jam setelah jam pengambilan barang, dan bayar 50% 12 jam berikutnya..
4. Jika dalam Pengembalian ada keterlambatan, akan dikenakan biaya terhitung di setiap 12 Jamnya.
5. Jika ada kehilangan atau kerusakan maka penyewa harus mengganti sesuai barang yang di sewa.
6. Penyewa mengembalikan dengan kondisi lengkap, bersih dan kering, tidak perlu di cuci.

https://www.malangcamp.com/

 

  • Akses Menuju ke Ranu Kumbolo

Untuk dapat sampai ke Ranu Kumbolo sendiri, terlebih dahulu Anda harus datang ke Desa Ranu Pani, desa kecil yang menjadi titik keberangkatan dari pendakian Ranu Kumbolo dan Gunung Semeru. Anda bisa menuju Desa Ranu Pani melalui dua jalur, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Jika Anda menggunakan jalur Kabupaten Malang, maka Anda harus menuju Tumpang yang dapat ditempuh dalam 1,5 jam perjalanan.

Dari Tumpang, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Ranu Pani Dengan menyewa Jeep. Biasanya tarif Jeep ini sekitar 125 ribu/orang. Namun selain Jeep, alternatif lainnya Anda bisa menaiki mobil masyarakat setempat yang bertarif 50 ribu rupiah/orang.

Setelah sesampainya di Desa Ranu Pani, Anda diwajibkan untuk melakukan regristasi terlebih dahulu seperti pengecekan KTP, kesehatan, dan syarat-syarat lainnya.

Jika semua persyaratan sudah lengkap, maka Anda bisa langsung menyerahkan ke pos pemeriksaan yang ada di Ranu Pani. Setelah itu barulah Anda bisa melanjutkan pendakian ke Ranu Kumbolo dan Gunung Semeru.

Pendakian menuju Ranu Kumbolo dimulai dengan melewati jalanan beraspal dan kemudian masuk ke dalam kawasan hutan dengan jalur yang berkelok serta tidak terlalu menanjak.

Sambil melakukan pendakian, Anda juga bsia menikmati keindahan bukit dan lembah yang berada di jalur pendakian. Untuk lamanya pendakian, biasanya memakan waktu kurang lebih selama 4 jam dengan jarak sekitar 12 km.

Setelah sesampainya di Ranu Kumbolo, rasa lelah Anda akan terbayar dengan keindahan danau yang masih sangat alami serta hijaunya pemandangan di sekitarnya.

Danau seluas 15 hektar ini berisikan ikan-ikan emas yang cantik yang menghiasi danau. Namun sayangnya, Anda tidak diperbolehkan untuk berenenang ataupun hanya sekedar memasukkan anggota badan Anda.

Menurut kepercayaan penduduk setempat, Danau Ranu Kumbolo ini benar benar disucikan sehingga Anda hanya diperbolehkan untuk mengambil air untuk minum, memasak, atau membersihkan tubuh.

Danau yang berada di ketinggian 2400 mdpl ini dapat Anda jadikan sebagai tempat beristirahat sebelum Anda melanjutkan pendakian menuju gunung semeru.

Namun jika hanya ingin menikmati keindahan Ranu Kumbolo, Anda bisa mencoba menginap dengan mendirikan tenda.

Untuk masalah makanan, Anda bisa memasak sendiri dari bahan-bahan makanan yang sudah Anda bawa sebelumnya. Jika tidak, biasanya ada beberapa penduduk tengger yang menjajakan makanan di beberapa pos-pos pendakian.

Namun kebanyakan pendaki lebih senang memasak sendiri sambil menikmati keindahan alam Ranu Kumbolo.

Di area danau air tawar ini terdapat larangan lainnya yang harus Anda taati, seperti tidak boleh berenang, mandi, buang air kecil, buang air besar, mencucui, ataupun menebar benih-benih ikan di dalam danau. Anda hanya diperbolehkan untuk memancing ataupun mengambil air.

Bila cuaca sedang baik dan tidak mendung, Anda bisa mencoba bermalam disini. Anda bisa tidur dengan atap langit malam yang penuh dengan bintang. Jangan lupa pula untuk menyalakan perapian yang mana dapat menghangatkan tubuh Anda.

Lelah yang Anda rasakan selama perjalanan akan hilang seketika dengan pemandangan alam yang begitu mempesona.

Disaat pagi harinya Anda bisa langsung melihat keindahan sunrise yang cukup mempesona diantara 2 bukit yang hijau yang dikombinasikan dengan kabut pemandangan di Danau Ranu Kumbolo.

Udara pagi disini cukup dingin dan segar yang pastinya membuat pagi hari Anda menjadi jauh lebih sempurna. Anda benar-benar akan merasakan surga kecil yang tak terlupakan di Danau Ranu Kumbolo ini.

Perjalanan menuju wisata Ranu Kumbolo memang membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup banyak. Untuk itu butuh persiapan yang cukup matang agar nantinya perjalanan pendakian anda berjalan lancar.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan pendakian menuju Ranu Kumbolo.

 

  • Persiapan Mental dan Fisik Sebelum Mendaki

Bagi kalian para pecinta hiking persiapan mental sangatlah penting untuk tubuh kita sendiri sebelum kalian melakukan pendakian. Untuk persiapan mental, Anda bisa melakukannya dengan memotivasi diri dengan tujuan Anda dalam pendakian.

Hal paling minimal yang bisa kita lakukan adalah menjaga supaya kondisi fisik kita tetap prima seperti: tidur cukup, makan cukup, dan jogging/lari pagi.

Bagaimana kalau saya memaksa tanpa persiapan? Saya jamin, hal paling minimal yang akan terjadi adalah badan kalian kaget, pegal-pegal, dan pendakian akan terasa sulit karena untuk bernafas saja kita sudah tergopoh-gopoh.

 

  • Persiapan Logistik

Persiapaan selanjutnya ialah kalian harus menyiapkan bekal atau logistic. Karena perjalanan yang sangat panjang dan menyita banyak tenaga kalian harus membawa makanan yang ringan dan mengenyangkan, seperti sereal, roti, mie instan lainnya. Jangan membawa barang terlalu banyak lebih baik secukupnya saja sehingga pendakian bisa terasa lebih ringan dan menyenangkan.

 

  • Peralatan Pendakian

Tak lepas dari semuanya, untuk menuju ke danau ranu kumbolo peralatan pendakian juga tidak kalah pentingnya. Berikut adalah daftar alat-alat yang harus kalian bawa untuk mendaki :

  1. Tas carier (min 50 liter)
  2. Peralatan masak
  3. Tenda
  4. Matras
  5. Sleeping bag
  6. Jaket tebal
  7. Baju ganti (min 2/3 baju)
  8. P3K
  9. Senter
  10. Jas hujan (bagi kalian yang mendaki di musim penghujan)

 

  • Administrasi

Tentu saja ada persyaratan administrasi yang harus kalian lengkapi untuk mendaki ke Ranu Kumbolo. Persyaratan tersebut yaitu :

  1. Fotocopy KTP
  2. Daftar barang bawaan
  3. Surat Kesehatan dari dokter

Administrasi ini digunakan untuk melakukan registrasi sebelum menuju ke Ranu Kumbolo.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, wisata Ranu Kumbolo ini cukup direkomendasikan sebagai pengisi waktu liburan Anda.

Jangan lupa pula untuk selalu jaga kesehatan agar liburan Anda tetap menyenangkan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Selamat Berlibur menikmati kekayaan alam INDONESIA!

 

Referensi dari :

https://www.1001malam.com/travel/ranu-kumbolo/

http://www.naturalsunrisetour.com/tips-backpacker-ke-danau-ranu-kumbolo-di-gunung-semeru

 

by Putriamaii

 

© 2017 Amazing Malang - Amazing Malang Your Adventure