Balai Kota Malang
Malang, Jawa Timur
Gunung Bromo
Jawa Timur
Pantai Tiga Warna
Malang, Jawa Timur
Soto Geprak Mbah Djo
Malang, Jawa Timur
Museum Angkut
Batu, Jawa Timur

 

Berburu Sunrise Gunung Bromo



Siapa yang tidak mengenal kepopuleran gunung berapi yang masih aktif ini. Gunung Bromo adalah gunung yang paling terkenal di Jawa Timur dengan kunjungan yang paling ramai setiap tahunnya.
Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 Meter dari atas permukaan laut dan berada dalam empat lingkup kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Keadaan alam gunung Bromo bertautan pula dengan lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas sekitar 10 Km.
Harga tiket masuk ke bromo penanjakan – kawah bromo dan wisata sekitar kawasan gunung bromo pada hari kerja (week day) untuk wisatawan domestik Rp 27.500 per orang. Perinciannya, Rp 25 ribu untuk karcis dan Rp 2.500 untuk asuransi. Tarif tiket masuk gunung Bromo untuk wisatawan mancanegara naik menjadi Rp 217.500,- dan hari libur (week end), tarif tiket masuk Bromo 32.500 per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan wisatawan mancanegara dikenai tarif masuk Rp 317.500 per orang ( termasuk asuransi).
Tiket masuk ini hanya berlaku untuk objek wisata di sekitar bromo saja seperti ke penanjakan,kawah gunung bromo,pasir berbisik,savana dan bukit teletubbies,untuk tiket wisata lain yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru seperti puncak B29 ada tarif tiket masuk tersendiri.
 Benda benda yang wajib dibawa ketika akan pergi ke Gunung Bromo :
1. Jaket
2. Sarung Tangan
3. Sepatu dan Kaos Kaki
4. Kacamata
5. Kamera dan Tripot
6. Masker
 Kawasan wisata yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Gunung Bromo :
1. Penanjakan 1


Penanjakan 1 adalah sebuah tempat tertinggi di kawasan Taman Nasional Bromo ,. Merupakan lokasi untuk melihat keindahan matahari terbit atau view point sunrise. Terletak di sebelah barat dari pegunungan tengger dan untuk mencapai Gunung Penanjakan 1 ini pengunjung wajib menggunakan kendaraan jeep atau hartop mengingat akses kesini cukup banyak tikungan tajam dan curam. Alternatifnya jika tidak menyewa hartop menggunakan sepeda motor namun jangan pakai kendaran matic. Selain itu untuk berangkat ke Penanjakan 1 ini harus lebih awal yaitu sekitar jam 3 dini hari,usahakan jangan sampai terlambat karena view point terbaik di Bromo ini merupakan spot yang di favoritkan pengunjung untuk melihat keindahan matahari terbit dari Bromo di bandingkan dengan Penanjakan 2.
2. Penanjakan 2


Gunung Penanjakan 2 adalah salah satu alternatif untuk melihat keindahan matahari terbit di Bromo, Anda yang pergi ke Bromo melalui rute probolinggo bisa memilih alternatif Bukit Penanjakan 2 atau View Point Seruni untuk menyongsong matahri terbit. Walaupun lokasinya lebih rendah dari Penanjakan 1 namun pemandangan juga tidak kalah menariknya. Untuk kesini tidak membutuhkan sewah kendaraan jeep. Karena bisa mudah di akses kendaran roda 2 maupun roda 4 biasa. Pada Bulan bulan tertentu seperti september sampai bulan mei (musim hujan) penanjakan 2 ini meiliki pemandangan sangat indah, lokasi munculnya matahari terbit tepat di arah timur pengunjung. Namun jika sudah memasuki musim kemarau sunrise terjadi agak lambat , dan saya sarankan untuk berpindah ke spot penanjakan 1.
3. Padang Rumput Savana


Padang Rumput Savana Bromo,sebuah tempat yang terletak di selatan timur Gunung Bromo, terletak pada sebuah lembah hijau yang di kelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggungan gunung gunungkecil. Padang Rumput Bromo ini sangat luas yang sangat luas, jika anda datang ke Savanah anda akan merasakan seolah-olah tidak berada di Gunung Bromo.
Kontras sekali! karena jalur mencapai savana adalah Lautan Pasir yang gersang, namun saat memasuki padang rimput ini ini anda akan disuguhi oleh pemandangan yang meng hijau di kelilingi bukit bukut yang menambah indahnya tempat wisata ini. Terletak di lembah jemplang, akses termudah untuk kesini jika memakai kendaraan biasa atau sepeda motor adalah via Malang atau via lumajang.
4. Bukit Mentigen


Selain Penanjakan 1 dan penanjakan 2 di atas, alternatif ke tiga untuk spot view sunrise adaah dari bukit mentigen. Disini pengunjung cukup jalan kaki saja dari area penginapan / homestay / villa atau hotel di daerah cemara lawang probolinggo. Walaupun bikitnya tidak terlalu tinggi namun bisa menjadi alternatif terbaik kalau berangakat ke Bromo ala backpacker, tidak membawa kendaraan sendiri baik roda 4 maupun roda 2.Jalan kakinya puntidak jauh dari cemara lawang. Lokasi tepatnya di timur hotel Lava View Bromo.
5. Bukit Teletubies


Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Gunung Bromo tanpa mengunjungi Bukit Teletubies. Berlokasi di selatan Gunung Bromo dan satu jalur untuk menuju Padang Rumput Savana. Merupakan gunungan gunungan kecil yang sangat indah yang di tumbuhi rerumputan khas pegunungan seolah-olah membawa anda berasa masuk film teletubis. Maka tidak salah jika masanrakat suku tengger sekitar menyebutnya sebagai Bukit Teletubies.
6. Bromo Milky Way


Bromo milky way hanya bisa di dapatkan saat malam hari, yaitu dengan pergi ke spot-spot tertentu yang cocok untuk hunting photography gugusan bintang ini di malam hari. Jangan lupa persiapkan kamera yang bagus jika tertarik melihat bromo milky way ini. Alasan kenapa bromo milky way ini sangat menarik dan sempurna adalah karena salah satu syarat untuk mendapat milky way terbaik adalah jauh dari sorot lampu kota atau dalam keadaan gelap sempurna, tanpa awan mendung dan perhitungan yang tepat untuk berburu milky way (harus memakai software stellarium)
Bromo Milky Way baru trend sekitar tahun 2013 – 2014, sejak seorang turis asing upload di youtube keindahan milky way dari Gunung Bromo. Sejak itulah para pecinta fotography dari berbagai belahan dunia pun ikut berburu foto galaksi bima sakti dari gunung Bromo. Waktu terbaik untuk hunting bromo milky way adalah pada musim kemarau, yaitu mulai bulan mei sampai bulan september, karena langit akan sangat cerah seiring dengan musim kemarau.
7. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik adalah salah satu lokasi yang berada di area lautan pasir bromo selain dari Penanjakan, Kawah Gunung Bromo dan Padang Savana, awal mula dari pasir berbisik ini adalah tempat di mana lautan pasir yang memiliki suara desisan angin yang khas saat ada terpaan angin. Dari sinilah masarakat sekitar atau wisatawan menyebut tempat ini dengan Pasir Berbisik.
Pasir berbisik atau Lautan Pasir ini tidak dimiliki oleh gunung berapi manapun kecuali hanya satu yitu Gunung Bromo. Pemandangan yang mempesona di Gunung Bromo ini selain bisa melihat hamparan lautan pasir juga terselip pemandangan lereng-lereng kalendra sebagai pembatas lautan pasir dengan hutan gunung bromo sebagai pelengkap keindahan di mata kita.


TRANSPORTASI

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju Bromo. Ini beberapa pilihannya.
 Angkutan Umum
Kelebihan:
-Kamu nggak akan secapek naik motor.

Kekurangan :
-Ribet ganti ganti kendaraan.
-Risiko naik kendaraan umum, copet, ngetem, dipalak dll.
Jika Anda menggunakan angkutan umum, kami menyarankan Anda untuk melihat pengarahan kami dibawah ini , sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa untuk pergi ke Gunung Bromo ada 3 jalur yang bisa dilewati yaitu via Probolinggo, via Tumpang dan via Nongkojajar
• Via Probolinggo
jika Anda ingin perjalanan Anda aman dan nyaman serta jalan yang mudah untuk dilalui bagi para backpacker yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memilih via Probolinggo ini
-Dari Stasiun Kota Malang menuju Gunung Bromo via Probolinggo :
Tips penting saat keluar stasiun: jangan pasang tampang bingung, Jalan santai dengan tegap, gagah berani. Jika Anda terlihat bingung, Anda akan menjadi santapan supir. Dan pastikan bahwa Anda membayar dengan uang pas.
Jika kamu memutuskan untuk makan terlebih dahulu, tidak jauh dari Stasiun banyak terdapat kedai makan yang menjajakan makanan khas yang menggugah selera, seperti Nasi Bug, Rawon, atau bahkan Bakso President. Tentunya pilihan menu sarapan wajib disesuaikan dengan budget dan alokasi waktu kita ke Bromo.
Jika Anda tidak ingin makan terlebih dahulu, maka mari kita lanjutkan perjalanan menuju Gunung Bromo :
Dari Stasiun Malang menuju Terminal Arjosari Malang dengan memakai angkutan umum memerlukan waktu 30 hingga 40 menit dengan tarif angkutan umum dari stasiun ini ke terminal Arjosari adalah Rp.4000,- . Jika saat ini posisi Anda sedang berada di Stasiun Kota Baru Malang maka Anda harus menyebrang jalan untuk memberhentikan angkutan umum menuju Terminal Arjosari. Anda bisa memberhentikan angkutan umum jurusan AL biasanya memiliki identitas khusus yakni terdapat garis merah putih seperti digambar ini :



Selain angkutan umum jurusan AL Anda juga bisa memberhentikan angkutan umum jurusan ADL :

Anda juga bisa menggunakan angkutan umum jurusan ABG dengan identitas khusus terdapat garis hijau seperti gambar :

Ada lagi angkutan umum jurusan AJG dengan ciri- ciri seperti ini :



Anda juga bisa memberhentikan angkutan umum jurusan AMG biasanya terdapat identitas khusus bergaris ungu :

-Dari bandara Abdulrachman Saleh menuju Bromo via Probolinggo
Dari Bandara Abdulrachman Saleh untuk menuju Gunung Bromo via Probolinggo Anda harus pergi ke Terminal Arjosari. Berikut ini Moda Transportasi lanjutan dari Bandara Abdulrachman Saleh
Taksi Bandara

Untuk tarif Taksi bervariasi sesuai tujuan dan jarak tempuh, untuk ke pusat kota kurang lebih 60 – 80 rb. Di Bandara ini memang tidak menggunakan Argo sehingga lebih kepada kebiasaan tarif ataupun tawar menawar.
1. Setibanya di Terminal Arjosari Malang kita harus melanjutkan perjalanan menuju Terminal Bayuangga, Probolinggo.
Ada beberapa bus yang dapat menjadi alternatif pilihan, diantaranya
Bus AKAS atau LADJU jurusan Probolinggo/ Jember/ Banyuwangi
 
Tips dalam memilih bus, kalau bisa cari yang PATAS AC. Tarif bus PATAS AC hanya Rp.30.000,- sedangkan tarif bus Ekonomi Rp.18.000,-. Meski sedikit lebih mahal, bus PATAS lebih menguntungkan dari sisi waktu tempuh. Perjalanan pun terasa lebih nyaman karena bus tidak sibuk nyari penumpang lagi di jalan. Jika lancar, perjalanan menuju Terminal Bayuangga, Probolinggo hanya membutuhkan waktu tempuh 2 jam.
2. Sesampainya di Terminal Bayuangga Probolinggo perjalanan dilanjutkan menuju Cemoro Lawang dengan kendaraan umum ELF.

Kendaraan ini banyak parkir di sisi kanan luar Terminal (jadi bukan di dalam terminal Bayuangga). Tarif ELF cukup murah, hanya Rp.35.000,-. Masalah utama, kita harus menunggu ELF penuh terisi (sekitar 15 orang) baru bisa jalan. Waktu tunggu sangat tidak tentu. Adapun waktu tempuh menuju Cemoro Lawang hanya sekitar 1 jam 15 menit. Tips jika tidak ingin terlalu lama menunggu sedangkan penumpang lain tidak kunjung datang, Anda bisa bernegosiasi dengan penumpang yang sudah ada dan pengemudi untuk menyesuaikan tarif. Tarif ELF naik ke Cemoro Lawang satu kali jalan sekitar Rp.500.000,- per unit ELF. Saat menunggupun Anda dapat memanfaatkan waktu untuk makan siang di sekitar lokasi ELF berhenti menunggu penumpang.
3. Setibanya di Cemoro Lawang, langkah berikutnya adalah mencari penginapan/homestay , ada bebrapa homestay yang menurut kami harganya cukup terjangkau.
1. Bromo Sunrise Homestay
Tampak dari depan :


Kamarnya :



Informasi Umum
Alamat : Jl. Sukapura RT 01/ RW 01 Triwung Kidul, Probolinggo
Kapasitas Ruangan : 2 orang
Sarapan : Tanpa sarapan
Pembatalan : Dikenakan biaya
Check In : 14.00-24.00
Check Out : 12.00
Fasilitas Special : Bath Toilet
Harga Per kamar : Rp.80,166,-
Pemesanan via online : https://www.pegipegi.com
2. Bromo Otix Guest House
Tampak dari depan :

Kamar :



Informasi Umum :
Alamat : Jl. Raya Bromo, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo Jawa Timur 67254 (berjarak 2,7 km dari Gunung Bromo)
Sarapan : Tersedia
Pembatalan : Gratis
Fasilitas : meja 24 jam, dapur bersama, wifi gratis, parkir pribadi gratis, tv, kamar mandi bersama, teras pada kamar tertentu
Harga : mulai dari 150.000 sampai 200.000
Pemesanan via online : https://www.booking.com
Ini hanya saran saja, masih banyak lagi penginapan yang lain daerah Bromo.
4. Setelah mendapat pennginapan ataupun homestay, langkah yang tidak kalah penting adalah mencari sewa jeep.
1. Sewa hardtop Bromo dari Cemoro Lawang

Harga Sewa Jeep Bromo dari Cemoro Lawang atau Desa Ngadisari.
1. View Point Penanjakan 1 ( Sunrise ) – Kawah Bromo : Rp. 525.000 (Max 6 Penumpang)
2. View Point Penanjakan 1 ( Sunrise ) – Kawah Bromo + Pasir Berbisik dan Savana : Rp. 725.000 (Max 6 Penumpang)
Untuk pemesanan lebih lanjut silahkan hubungi :
 Phone: +62 85231865900
Atau
Baca Lebih Lanjut : http://jeep-bromo.com/sewa-jeep-bromo-dari-cemoro-lawang/
5. Bila Anda ingin makan, banyak terdapat warung makan di Cemoro Lawang. Harga makanan cukup terjangkau, bakso Malang dibanderol Rp.10.000,-, Pop Mie seduh Rp.7.000,-, Mie kuah dengan telur dan sayuran sekitar Rp.10.000,-, nasi goreng Rp.15.000,-. Tersedia juga pecel ayam, soto ayam, dan aneka variasi menu lainnya.
6. Bersiap menuju Penanjakan 1

Dari Cemoro Lawang menuju Penanjakan 1.
Tips : jangan lupa pakai pakaian tebal, syal, topi, sarung tangan, dan pakaian penghangat lain. Jika Anda lupa mempersiapkan itu semua dari tempat Anda berangkat, banyak pedagang yang menjajakan topi bertuliskan Bromo seharga Rp.15.000,- sarung tangan Rp.7.500,-, dan syal Rp.15.000,-. Sedangkan bagi Anda yang lupa membawa jaket, Anda bisa menyewa jaket tebal di area penanjakan 1 seharga Rp.10.000,-.

Area penanjakan 1 merupakan view point yang ramai dikunjungi wisatawan karena di tempat ini kita dapat menyaksikan sunrise. Kita akan disajikan pemandangan alam yang sangat memukau yang menjadikan tiap detik terasa begitu berarti. Menikmati sunrise disini terasa begitu eksklusif dan berbeda bila dibandingkan dengan view point lainnya karena area penanjakan 1 memiliki latar pemandangan Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi dan Gunung Semeru dikejauhan.
Menuju Kawah Bromo

Perjalanan kemudian kita lanjutkan menuju Kawah Bromo. Namun sebelumnya, bagi Anda yang ingin sarapan terlebih dahulu, terdapat banyak kedai cemilan di area penanjakan 1 ini. Makanan yang dijajakan cukup bervariasi, seperti aneka wedang hangat, jagung bakar, pisang goring, dan ketan.
Setiba di tempat jeep parkir dekat area menuju kawah, kita akan didatangi sekawanan kuda yang menawarkan jasa antar menuju kawah. Jasa antar dengan kuda ini sebenarnya sangat membantu, karena sanggup membawa kita naik gunung Bromo hingga ke anak tangga penanjakan. Namun Anda harus pintar menawar. Harga penawaran sangat unik, saat Anda masih di dalam Jeep, jasa angkut ditawarkan seharga Rp.150.000,-. Namun begitu Anda turun dari mobil harga langsung turun jadi Rp.100.000,-. Begitu Anda memutuskan untuk jalan sedikit dan maju ke awah kawah, Anda akan didatangi pemilik kuda lain yang menawarkan Rp.50.000,-. Setibanya Anda ke bukit area menanjak, Anda akan ditawarkan hanya Rp.30.000,-. Bahkan tawaran naik kuda tetap ada sekalipun Anda sudah mulai menanjak, dan terengah-engah di tengah bukit yang menanjak. Harganya pun makin turun menjadi sekitar Rp.20.000,-.
Ulasan diatas adalah akses menuju Gunung Bromo via Probolinggo.
Bagi Anda yang ingin menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan yang menarik Anda bisa memilih via Tumpang ataupun via Nongkojajar. Namun dikarenakan akses ke Bomo via Nongkojajar ataupun via Tumpang ini sulit atau hampir tidak dilalui kendaraan umum, maka ada baiknya jika Anda menyewa kendaraan terlebih dahulu. Kami menyarankan jika Anda tidak berombongan lebih baik menyewa trail karena jalan yang cukup terjal. Berikut rekomendasi kami tentang penyewaan trail area Malang dn sekitarnya :

Alamat : Jl Danau Sentani Raya H1B28 Sawojajar Malang Indonesia

Harga Sewa Paket 12 Jam
KLX S/L:
Senin – Jumat : IDR 160.000,-
Sabtu – Minggu/Hari libur : IDR 200.000,-
KLX BF:
Senin – Jumat : IDR 200.000,-
Sabtu – Minggu/Hari libur : IDR 240.000,-

Harga Sewa Paket 24 Jam
KLX S/L:
Senin – Jumat : IDR 210.000,-
Sabtu – Minggu/Hari libur : IDR 250.000,-
KLX BF:
Senin – Jumat : IDR 250.000,-
Sabtu – Minggu/Hari libur : IDR 290.000,-
Syarat dan Ketentuan Penyewaan :
• Meninggalkan jaminan berupa motor + STNK + KTP (Asli) sesuai dengan jumlah motor yang di sewa
• kerusakan setelah meninggalkan garasi menjadi tanggung jawab penyewa
• Kerusakan atau kehilangan di tanggung oleh penyewa
• Biaya evakuasi IDR 750.000,- / motor
Pemesanan lebih lanjut hubungi : +6287859001844
Atau
Baca http://www.sawojajaradventure.com/

Persewaan sepeda motor trail ini hanya salah satunya saja, masih banyak lagi di daerah Malang yang menyewakan sepeda trail ataupun hardtop

• Via Nongkojajar
Setelah memilih dan menyewa kendaraan, berikutnya ikuti petunjuk arah kami
Jika dari Malang (Terminal Arjosari), setelah Lawang -Bakpao Telo - sebelum kebun raya purwodadi, ada pertigaan segera belok kanan.
Diatas ada papan nama Nongkojajar

Ini merupakan pintu masuk Nongkojajar. Segera Ambil jalan lurus dan temukan pemandangan yang menyegarkan disekitar jalan.
Agar yakin ga salah jalan, pastikan viewnya yg anda dapati spt dibawah ini;

  
Hingga memasuki Tutur, harap toleh kanan kiri, di daerah sini adalah tempat penghasil durian lokal.
Jika kebetulan mampir pas musim durian, lumayan meriah dan murah harganya.
Lapak dadakan biasanya muncul dipinggir jalan.

Papan penunjuk Menuju Bromo. Silahkan ikuti papan ini jika bingung

  

Setelah pertigaan ambil jalan yg ditunjuk papan

 

Dan segera memasuki NONGKOJAJAR. Hawanya sejuk, bersih, nyaman, tentrem

Ambil lurus terus sampai ketemu pasar, jgn belok2 ikuti aja jalannya lurus
Pasarnya deket masjid

 

Setelah pasar, ketemu lagi perbukitan hijau nan elok.
Jalan mulai menanjak, jadi lambat2 asal selamat.

 

Sampailah ditempat kita bisa beristirahat sejenak melepas penat, membasuk muka dan menikmati kesejukan alam.

  

Bersiap lagi, mendaki bukit, menuruni lembah, menyusuri dusun- dusun dgn kesejukan alam.

. 

 

Memasuki Tosari, segera penuhi perbekalan anda.
Bensin,air minum,batre,bakso, kopi dan lainnya bisa didapatkan disini. Drpda nanti di puncak kekurangan perbekalan,dan jauh2 turun lagi.

  

Dari foto diatas, ambil yg sebelah kiri untuk menuju Penanjakan.

 Sumber bacaan : http://jelajahmalangku.blogspot.co.id/2010/12/nongkojajar-penanjakan-gunung-bromo.html

• Via Tumpang

Jika Anda ingin menuju Bromo via Tumpang jalannya memang terjal, tetapi pemandangannya cukup menarik.

Dari Kota Malang, kita harus menuju Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Mari kita manfaatkan senjata yang pasti kita semua punya, smartphone. Buka aplikasi maps atau pakai browser di smartphone Anda.
Disini saya memanfaatkan aplikasi maps dari google.
Jadi jika Anda juga memakai google maps, copy & paste kode latitude dan longitude berikut,
“ -8.0211465,112.76732 ”
atau jika Anda tidak ingin repot copy paste, klik link google maps di bawah ini,
google maps wisata bromo lewat jalur tumpang

Jika Anda sampai lokasi yang sesuai seperti link yang saya berikan di atas, Anda akan bertemu daerah seperti gambar di samping.
Daerah ini merupakan gerbang utama jalan menuju Gunung Bromo lewat Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Dari sana Anda tinggal lurus terus ke arah Desa Gubuk Klakah, Desa Ngadas, dan Desa Jemplang. Saya rasa kita tidak perlu menggunakan navigasi GPS lagi, karena kita tinggal mengikuti jalur utama sampai tiba di tempat wisata bromo.

Sumber : http://tourbromo.info/wisata-bromo-lewat-jalur-tumpang/
 Paket Wisata Tour Travel Bromo
Selain angkutan umum Anda juga bisa menggunakan paket tour bromo dari Malang, namun harganya juga cukup mahal bagi Anda yang tidak ingin terlalu ribet mencari penyewaan kendaraan Anda bisa memilih paket tour ini sebagai jalan keluarnya
 Paket Bromo tanpa menginap
Paket Lengkap Premium
Only Rp 495.000/orang
Paket 6 orang
Keunggulan:
* Lengkap ke 6 objek wisata sekaligus
* Peserta bebas menentukan jadwal yg diinginkan
* Bisa dijemput dimana saja di Kota Malang / Surabaya
* Waktu bebas tanpa ikatan, sampai PUAS
* Driver sangat ramah
6 Objek Wisata:
1. Sunrise Penanjakan
2. Bukit Cinta (spot foto)
3. Kawah Gunung Bromo
4. Pura Luhur Poten
5. Bukit Teletubies / Padang Savana
6. Pasir Berbisik
.
Include + Fasilitas:
1. All New Avanza + Driver + BBM ( Surabaya/Malang – Bromo PP)
2. Sewa Jeep ke Pananjakan
3. Tiket wisatawan di Bromo dan Madakaripura
4. Snack + Air Mineral
5. Villa Transit
6. Parkir + Tol
7. Makan 1 kali (sepulang dari Bromo)
Sumber : http://www.bromotravelindo.com/

 By : Elsya dnv

 

© 2017 Amazing Malang - Amazing Malang Your Adventure