Balai Kota Malang
Museum Angkut
Batu, Jawa Timur

Coban Sumber Pitu Pujon, Sensasi 7 Air Terjun Di Satu Kawasan Tebing

Malang terkenal dengan Kota Batu sebagai destinasi favorit untuk liburan. Tapi ternyata ada destinasi lain, Air Terjun Coban Sumber Pitu.

Air tejun sumber pitu malang, atau warga sekitar malang sering menyebutnya dengan coban sumber pitu pujon. Adalah sebuah tempat wisata malang di malang yang baru beberapa  bulan terakhir naik daun.  Coban sumber pitu malang sendiri berada di

wilayah hutan milik perhutani kab. Malang. Dalam bahasa indonesia, coban sumber pitu pujon adalah air terjun yang memiliki 7 sumber. Disebut seperti itu karena memang air terjun sumber pitu memiliki 7 air terjun yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar kurang lebih 50 meter.

Di Malang ada 2 Air Terjun dengan nama sama yaitu sumber pitu. Ada Coban Sumber Pitu di Dusun Krajan Kecamatan Tumpang, dekat Bromo dan satu lagi yang akan di bahas disini yaitu Coban Sumber Pitu, Pujon, Kabupaten Malang. Jarak antar Coban Sumber Pitu satu dengan yang lainnya cukup jauh loh bisa memakan waktu 2 jam perjalanan, makanya jangan sampai salah ya.

Untuk menuju Coban Sumber Pitu dari Kota Malang kita hanya tinggal mengarah ke Batu. Kemudian dilanjutkan ke arah pujon atau arah Jombang-Kediri alias sama dengan arah ke Coban Rondo, air tejun yang cukup terkenal di Jawa Timur.  Setelah melewati tugu atau patung sapi, kita belok kanan dan kemudian belok kiri atau dikenal dengan pertigaan Ringin Punden. Setelah itu kita megikuti jalan saja nanti kita akan bertemu dengan petunjuk arah ke Sumber Pitu kemudian belok kiri yang akan memasuki perkebunan Warga hingga ke pintu Registrasi.

Jika menggunakan kendaraan umum, dari terminal Arjosari kita naik angkot ke terminal Ladungsari dan kemudian naik bus jurusan Jomang-Kediri. Kalau dari terminal batu dapat naik angkot jurusan Ngantang/Kasembon. Setelah itu turun di pertigaan Ringin Punden dan dilanjutkan dengan naik ojek. Setelah memasuki kawasan Pujon selatan suasana desa sangat terasa dan nanti kita akan tiba di Pos Regitrasi, di sini pengunjung dipungut biaya Rp10.000/orang. Di Pos Registrasi ini juga terdapat lapangan yang merupakan camping Ground serta sudah difasilitasi dengan toilet dan terdapat juga lahan parker.

Dari pos registrasi ini kita masih harus menempuh jarak kurang lebih 2 KM atau memakan waktu 15-20 menit memasuki perkebunan warga dan hutan milik perhutani. Jalan disini masih kurang bagus sehingga terkadang jika sehabis hujan jalan menjadi becek dan cukup licin. Setelah melewati hutan, kita akan tiba di parkiran atas. Di parkiran atas ini kita dipungut biaya Rp5000 untuk motor. Di lokasi ini juga sudah tersedia fasilitas mulai dari warung makan, toilet dan arena bermain flyng fox.

Perjuangan untuk menuju ke coban sumber pitu pun belum selesai. Setelah pengunjung sampai di pos informasi pengunjung akan diberikan beberapa informasi tentang air terjun sumber pitu. Dari pos informasi pengunjung harus masih berjalan melewati perkebunan sayur milik warga sekitar dan hutan milik perhutani  sejauh sektiar 2 kilometer.

Di wilayah wisata alam coban sumber pitu malang sendiri terdiri dari 2 pos. Pos pertama adalah pos informasi segala hal tentang coban sumber pitu. Pos yang kedua adalah pos peristirahatan. Sebenarnya para pengunjung bnisa memarkirkan kendaraan roda dua disini., tetapi arena di pos 2 tidak ada tukang parkir, maka rawan terjadi pencurian.

Disepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan para petani lokal berkebun memetik sayuran disana. Setelah melewati perkebunan sayur pengunjung mulai memasuki jalur tracking menuju hutan milik perhutani tempat dimana coban sumber pitu berada.

Suara gemercik air yang jatuh akan mulai terdengar ketika para pengunjung sudah mulai mendekati lokasi air terjun sumber pitu. Ketika pengunjung sudah mulai mendekati ke air terjun sumber pitu akan menemui aliran sungai yang berasal dari mata air tersebut.

100 meter dari air terjun, pengunjung masih harus mendaki lagi untuk menuju ke air terjun utama. Diharapkan pengunjung berhati-hati karena kontur tanah yang sangat licin. Disana juga sudah ada beberapa petugas jaga untuk mengawasi pengunjung dan beberapa rambatan terbuat dari bambu untuk sekedar bepegangan pengunjung.

Semua lelah sirna sudah ketika para pengunjung dihadapkan dengan tebing pegunungan yang melengkung dengan guyuran air tidak henti-henti nya menerpa bumi. Suasan tenang damai, dingin, hijau. Itulah gamabran suasana disana.

Seperti namanya sumber pitu, air terjun sumber pitu malang ini memang memiliki 7 titik air terjun dalam satu tebing yang cukup tinggi. Uniknya lagi walaupun musim kemarau air terjun sumber pitu akan tetap ada airnya, hanya saja debit air di air terjunsumber pitu ini akan sedikit berkurang.

sumber : http://piknikasik.com/air-terjun-sumber-pitu-pujon-malang-7-air-terjun-dalam-satu-tebing