Balai Kota Malang
Malang, Jawa Timur
Gunung Bromo
Jawa Timur
Pantai Tiga Warna
Malang, Jawa Timur
Soto Geprak Mbah Djo
Malang, Jawa Timur
Museum Angkut
Batu, Jawa Timur

 

Coban Jahe, Cocok Bagi Para Petualang

Malang memang surganya wisata alam di Jawa Timur, di Kabupaten ini terdapat banyak sekali wisata alam yang bisa kita kunjungi, seperti air terjun dan pantai. Nah, berbicara mengenai air terjun, di Malang terdapat sebuah air terjun dengan pemandangan indah, bukan Coban Rondo, Coban Talun ataupun Coban Mbok Karimah (Coban Nirwana). Melainkan

Coban Jahe. Coban Jahe ini adalah salah satu tempat wisata air terjun di Malang yang harus kalian kunjungi.

Air Terjun yang ada di Malang ini juga dikenal dengan nama lain Air Terjun Begawan. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 m. Penampakannya terlihat makin menantang dengan keberadaan batu-batu cadas berukuran raksasa di tebing juga kolam kecil di bawahnya. Air terjun Coban Jahe ini sendiri masih berada dalam kawasan Perhutani Unit II RPH Sukopuro-Jabung.

Coban Jahe adalah satu dari sekian banyak air terjun cantik di malang yang harus kita kunjungi, tempat wisata di malang ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Begawan karena lokasinya berada di Desa Begawan. Coban Jahe memiliki tinggi sekitar 45 meter dengan debit air yang cukup deras, terutama di musim hujan. Aliran air yang jatuh dari atas langsung mengalir ke sungai kecil dibawahnya, selain itu terdapatnya bebatuan besar disekitar air terjun menjadikannya kian menantang.

Pemandangan di objek wisata Coban Jahe memang tak perlu diragukan lagi keindahannya, ditambah dengan suasana yang masih alami dengan tanaman-tanaman hijau menghiasi dinding tebing menjadikan Coban Jahe sangat sayang untuk dilewatkan.

Tapi, sebelum bisa menikmati keindahan Coban Jahe terlebih dahulu kita akan dipaksa untuk berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km dengan jalur setapak yang akan cukup licin ketika musim hujan. Namun, sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam sekitar yang terlihat cukup asri, jadi jangan takut bosan.

Lokasi dari Air Terjun Coban Jahe ini berada pada sekitar 23 km dari Kota Malang. Untuk menuju salah satu air terjun di Malang ini, kalian dapat menempuhnya dengan kendaraan roda empat. Ambil saja arah ke Tumpang, dan sesampainya di Tumpang kalian belok ke kiri ke arah Desa Pandansari Lor, Dusun Begawan hingga menemukan pintu masuk ke Coban Jahe.

Nantinya akan ada tanda petunjuk arah menuju Air Terjun Coban Jahe tidak jauh dari gapura pintu masuk kota Tumpang. Dari petunjuk arah ini menuju lokasi air terjun kira-kira sekitar 7 km.  Sesampainya di pintu masuk Coban Jahe, perjalanan akan lebih menantang, karena sebagian jalan cukup rusak. Bahkan di beberapa saat terakhir, hanya ada berupa jalan setapak tanah melalui melalui pematang sawah serta kebun dan beberapa bagiannya berupa jalan berbatu.

Wisata air terjun ini adalah tempat wisata yang menyenangkandengan arus yang kuat dan sebuah sungai kecil di bawahnya. Suasananya menyenangkan karena dikepung oleh alam yang asri dan cerukan yang luas.

Fasilitas :

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Pusat Informasi
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Taman Bunga Mini
  • Mushola
  • Permainan Tubing Mini

Harga Tiket Masuk Coban Jahe :
Hanya membayar parkir.

Jam Buka : 
08:00-16:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Belum terdapat penginapan disekitar tempat wisata Coban Jahe, jadi silahkan mencari hotel di pusat kota Malang.

Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  • 23 Km dari pusat Kota Malang melalui Jl. Raya Pakis (53 menit)
  • 31 Km dari Stasiun KA Lawang melalui Jl. Raya Lawang - Malang (1 jam 4 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Rute Menuju Coban Jahe Malang 

Apabila kamu dari pusat kota Malang, kamu tinggal menuju ke arah Tumpang, patokannya setelah melewati gapura "Selamat Datang di Tumpang", akan ada petunjuk arah menuju Coban Jahe tidak jauh dari gapura tersebut.

Ikutilah petunjuk arah tersebut, nah dari sini mulai jarang terdapat petunjuk jalan lagi, intinya kamu harus menuju ke arah Desa Pandansari Lor, sering-seringlah bertanya pada masyarakat sekitar agar tidak tersesat.

Tips Berlibur ke Coban Jahe :

  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jangan bawa motormu melewati jalan setapak, cukup letakkan di tempat parkir dan berjalan kakilah menuju lokasi air terjun, karena jalur cukup licin jika dilalui motor.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Coban Jahe adalah di musim kemarau.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor dan bawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga.
  • Akses menuju Coban Jahe bisa dibilang cukup sulit, tapi semua akan terbayar ketika kamu sampai di lokasi air terjun.

sumber : https://liburmulu.com/wisata-air-terjun-coban-jahe-malang/ dan http://www.brobali.com/2016/09/coban-jahe-air-terjun-cantik-di-malang.html

© 2017 Amazing Malang - Amazing Malang Your Adventure